Jumlah Jemaah Umroh Turun, Permintaan Pasport Juga Turun

0
358
Pasport (satulayanan.net)
Pasport (satulayanan.net)
Pasport (satulayanan.net)

MBNews, Tarakan – Dari data Kantor Imigrasi Kota Tarakan, permintaan pasport hingga bulan Juli tahun 2014 terjadi penurunan dibandingkan bulan Juli di tahun sebelumnya.

Kepala Seksi Lintas dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Kota Tarakan M. Fakhruzi, Senin (25/08/2014)mengatakan, turunnya permintaan pasport dirasakan Kantor Imigrasi Tarakan karena dari jumlah paspor 48 halaman yang dikeluarkan hingga Juli tahun 2014 sebanyak 3551 paspor, sedangkan dibandingkan pada bulan Juli tahun 2013 jumlah pasport yang di keluarkan sebanyak 3936.

“Penurunan permintaan pasport tersebut diperkirakan sedikit masyarakat yang akan melakukan umroh di tahun ini, karena melihat di tahun sebelumnya yang mendongkrak meningkatnya pengeluaran paspor yaitu jemaah umroh. Sedangkan pengeluaran paspor untuk tujuan pergi wisata juga jarang dan pengaruhnya terhadap peningkatan permintaan paspor tidak signifikan.” Ungkap M.Fakhruzi.

Pasport yang dikeluarkan Kantor Imigrasi Tarakan hanya untuk pasport pergi berlibur dan perjalanan umroh saja, sedangkan pasport untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kantor imigrasi Tarakan tidak mengeluarkannya karena tidak diberikan perintah dari pusat untuk mengeluarkan pasport tersebut.

“Jadi jika ada orang yang datang ke kantor imigrasi Tarakan untuk memohon diuruskan paspor bekerja di luar negeri langsung kami arahkan untuk mengurusnya di kantor imigrasi Nunukan.”Jelasnya. (CTR/HFA)