Ketinggian Gelombang 2 Meter, Nelayan Diminta Waspada

0
494
ilustrasi (bmkg.go.id)
ilustrasi (bmkg.go.id)
ilustrasi (bmkg.go.id)

MBNews, Tarakan – Selama 3 hari kedepan nelayan yang ada diperairan laut Tarakan diminta waspada, pasalnya kondisi gelombang diperkirakan bisa mencapai 2 meter. Tingginya gelombang diperairan laut Tarakan tersebut akibat terjadinya tekanan rendah di Samudra Pasifik tepatnya disebelah timur Filipina, yang berdampak kepada pembelokan angin di wilayah Kalimantan utara sehingga terjadinya intensitas curah hujan yang tinggi.

“Hujan yang terjadi disertai angin kencang merupakan efek dari tekanan rendah disamudra pasifik sebelah timur Filipina.” Kata Nanang Buchori Kepala Badan Metrologi Klematologi dan Geofisika (BMKG) Tarakan, Jumat (5/09/2014)

Nanang mengungkapkan, untuk kecepatan angin sendiri selama 3 hari kedepan sesuai dengan pantauan antara 5 kilometer hingga 35 Kilometer/perjam, sedangkan untuk curah hujan sendiri masuk katogori lebat.

“Hujan sedang dan lebat bisa terjadi antara pukul 20.00 – 24.00 Wita, potensi hujan sedang mencapai 20-50 Milimeter/hari, sedangkan potensi hujan lebat mencapai 100 milimeter/hari.” Jelas Nanang. (RUN/HFA)