Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai

Minyak Kayu Putih (Cajuputi Oil) adalah obat yang sering dipergunakan semua kalangan yang memiliki banyak manfaat dan khasiat diantaranya untuk menghangatkan badan, mengobati pusing dan mabuk perjalanan hingga digigit serangga. Oleh karena itu banyak yang mengatakan jangan pernah tidak membawa minyak kayu putih kemanapun kamu beraktivitas.

Potensi dan khasiat yang baik dari minyak kayu putih tersebut menjadi peluang bagi para petani binaan Dinas Kehutanan Kota Tarakan untuk mengembangkan pohon minyak kayu putih di beberapa hutan Kota dan Lindung yang ada di Kota Tarakan. Kepala Dinas Kehutanan Kota Tarakan Ir. Budi Setiawan mengatakan, pohon minyak kayu putih dapat tumbuh dengan baik di Kota Tarakan dan untuk memproduksinya hanya membutuhkan daun dan ranting pohon sehingga tidak merusak lingkungan.

“Di lahan yang dimiliki Kota Tarakan, cocok ditanami pohon minyak kayu putih, beberapa kelompok petani sudah mulai mengembangkan pohon ini dan terus dibina dan dipantau oleh petugas dari Dinas Kehutanan dan Kepolisian Hutan Lindung,” Ujar Budi

Karena sudah memiliki bahan dasar, Dinas Kehutanan sejak bulan maret 2016 lalu telah memiliki Industri Hilir skala menengah penyulingan minyak kayu putih dan menghasilkan minyak kayu putih yang memiliki kualitas super.

Minyak Kayu Putih Cap Kenawai

“Jadi sejak maret 2016 industri kecil ini berjalan dan mulai kami produksi, hingga terciptanya minyak kayu putih dengan merk Cap Burung Kenawai Khas Kota Tarakan dan sudah dapat diperoleh di beberapa toko obat dan apotik yang ada di Kota Tarakan,” lanjut Budi

Budi mengungkapkan Nama Cap Burung Kenawai sendiri adalah pemberian Walikota Tarakan Sofian Raga karena Burung Kenawai adalah burung khas Kota Tarakan dan sering dijumpai terbang rendah di wilayah Tarakan dan burung ini juga dilindungi oleh Pemerintah Kota.

“Kualitas minyak kayu putih Cap Kenawai ini sangat berbeda dengan minyak kayu putih kemasan lain, karena tidak ada campuran lain yang ditambahkan, selain itu peyulingan dengan hasil yang sempurna menjadi prioritas oleh para petani dan pekerjanya,” Tambah Budi

Bagi masyarakat Tarakan maupun dari luar Tarakan dapat menjadikan minyak kayu putih ini sebagai obat bisa juga menjadi oleh-oleh khas Tarakan dan tentunya dapat bermanfaat bagi semua kalangan. Masyarakat dapat mendapatkan produk asli Tarakan ini di apotik yang ada di Tarakan ataupun di Pusat Oleh-oleh Kota Tarakan yang dibina UMKM Center dan Dekranasda.