Kiddle.co, Search Engine Aman Untuk Anak

0
216
Kiddle Search Engine Untuk Anak
Kiddle Search Engine Untuk Anak

Kiddle Search Engine Untuk AnakBagi pengguna internet diseluruh dunia sudah pasti yakin jika di Internet kita semua bisa memperoleh ilmu pengetauan apa saja yang ingin kita cari. Informasi yang sangat luas tersebar dengan mudahnya di Google (search engine yang sangat populer saat ini), tentunya para orang tua khawatir terhadap anak-anak yang mengerjakan tugas sekolahnya justru terjebak kedalam informasi yang tak baik. Untuk itulah, kini hadir search engine yang aman untuk anak dalam browsing di Internet, yaitu Kiddle.co

Kiddle, mesin pencarian visual untuk anak-anak, didukung oleh para editor dari Google dengan menggunakan metode pencarian aman. Mesin pencarian ini memungkinkan anak-anak untuk membuka berbagai situs, mencari gambar, berita, atau video.

Dengan logo dan warna yang sama dengan Google, Kiddle tetap tampil beda karena menghilangkan latar putih khas Google dan menggantinya dengan fitur bertema angkasa luar. Fitur ini dilengkapi dengan gambar planet-planet di kejauhan, serta alien robot di bawah kotak pencariannya.

Sementara itu, hasil pencarian delapan hingga seterusnya memiliki gaya penulisan untuk orang dewasa, tetapi tetap sudah disaring oleh teknologi Google Safe Search. Hasil pencarian ini tentunya lebih sulit dimengerti oleh anak-anak.

Konten-konten dewasa, seperti gosip tentang satu artis hingga akun resmi dari jejaring sosial tidak akan ditampilkan. Melainkan, anak-anak hanya akan mendapatkan biografi yang tentunya aman untuk dikonsumsi mengenai artis tersebut.

“Karena hasil pencarian Kiddle dipilih dan diperiksa langsung oleh editor kami atau disaring dengan Google safe search, anak Anda akan mendapatkan hasil yang berorientasi kepada anak tanpa ada konten eksplisit,” tulis pihak Kiddle dalam situs resminya.

Orang tua juga bisa ikut berkontribusi dalam pemblokiran sebuah kata yang tidak aman untuk anak dengan memasukkan kata tersebut melalui formulir digital. Permohonan pemblokiran sebuah situs tertentu juga dimungkinkan.

Mesin pencari ini diklaim tidak mengumpulkan informasi personal dari si anak. Logs dari situs ini pun bakal dihapus setiap 24 jam.