Lutz Pathfinder, mobil tanpa pengemudi dari Inggris

0
337
Lutz Pathfinder Pod (designboom)
Lutz Pathfinder Pod (designboom)
Lutz Pathfinder Pod (designboom)

MBNews, London – Pengembangan mobil tanpa pengemudi (driverless car) sepertinya memang akan menjadi populer tahun ini, tidak hanya Google yang merilis kendaraan tersebut namun juga pihak lain. Salah satunya adalah pemerintah Inggris dengan manghadirkan Lutz Pathfiner.

Mobil tanpa sopir dengan bentuk pod bernama Lutz Pathfinder merupakan proyek hasil program dukungan pendanaan yang diberikan pemerintah Inggris. Mobile ini buat oleh Transport System Catapult dan RDM Group, Kendaraan ini juga telah dinobatkan sebagai mobil listrik tanpa supir pertama yang lahir dari Inggris.

Memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan mobil tanpa supir rancangan Google, Lutz Pod memiliki disain yang sedikit futuristis, bahkan saya melihatnya mobil ini lebih mirip sebuah robot — karena memang sejatinya mobil tanpa supir merupakan sebuah robot yang melaju di jalan raya — dengan ukurannya yang sedikit mungil dibandingkan dengan mobil biasa pada umumnya.

Kendaraan ini hanya dapat ditumpangi oleh dua orang pengendara saja, kemampuan daya jelajah Lutz Pod juga masih terbilang pendek. Pengguna hanya bisa menggunakan kendaraan ini sejauh 40 mil atau sekitar 64km dalam sekali pengisian baterai dengan kecepatan maksimal 15mph atau 24km/h.

Purwarupa dari kandaraan ini telah dipamerkan di London, namun pengembangan kendaraan yang didanai oleh pemerintah Inggris itu masih terus dilakukan hingga bulan Juni mendatang, sebelum pengembang melakukan ujicoba pada akhir tahun ini di Milton Keynes, Inggris.

Sambil menunggu pengembangan mobil tanpa awak, pemerintah Inggris juga menggodok regulasi baru sehubungan kehadiran mobil tanpa supir ini agar dapat diimplementasikan pada tahun 2017 mendatang. Penggunaan mobil tanpa awak di area publik, sepertinya ini adalah sebuah impian akan kota yang menyediakan transportasi jarak dekat bagi warga yang membutuhkan. (autoblog/kaskus/hfa)