Situs Jual Beli Berniaga Dan Olx Kini Bersatu !

0
826
Ilustrasi Marketplace
Ilustrasi Marketplace

MBNews, Situs Jual Beli Berniaga Dan Olx Kini Bersatu ! Sudah tidak asing di telinga kita mendengar nama Berniaga ataupun OLX (dulu bernama TokoBagus) yang merupakan salah satu dari sekian banyak situs jual beli online yang cukup besar di Indonesia. Promosi kedua situs ini terbilang besar – besaran dan hampir mencakup seluruh media promosi dari mulai televisi, maupun promosi melalui social media. Berniaga dan Olx bisa dibilang rival yang saling berkompetisi dalam menjaring pengunjung dan menjadikan situs jual beli terpopuler di Indonesia, namun sekarang sepertinya nasib Berniaga.com akan seperti Tokobagus.com yang dulu telah diambil alih oleh OLX. OLX yaitu sebuah merek e-commerce yang sudah mengglobal bermarkas di Buenos Aires, Argentina. Jaringan media ini sudah menyebar di lebih 106 negara dan tersedia lebih dari 40 bahasa berbeda. Namun setelah melakukan ekspansi, OLX memindahkan pusat operasinya di New York, AS. Tahun 2010.

Naspers masuk sebagai investor strategis di OLX, dikabarkan melalui investasi sebesar USD 20 juta – USD 40 juta. Naspers adalah grup media besar yang bermarkas di Afrika Selatan. Ekspansinya ke Indonesia dilakukan pada tahun 2010 saat berinvestasi di Tokobagus. Setelah dua tahun tepatnya di bulan Maret 2014 lalu, pada akhirnya OLX mengambil alih secara keseluruhan Tokobagus, termasuk mengubah namanya menjadi OLX.co.id.

Tak lama berselang, OLX melalui induk usahanya Naspers melakukan kejutan dengan mengumumkan kesepakatan kerjasama patungan (joint venture) dengan Schibsted Media Group (Norwegia), Telenor Group (Norwegia) dan Singapore Press Holdings (SPH) (Singapura) untuk pengembangan platform online classified di empat negara yaitu Indonesia, Thailand, Bangladesh, dan Brasil.

Schibsted, Telenor dan SPH sendiri sudah berinvestasi di Indonesia melalui merek Berniaga.com. Dikatakan Chief Operating Officer (COO) OLX Alif Priyono, dari kesepakatan joint venture tersebut Naspers (OLX) akan menjadi pemilik mayoritas.

“Kita akan tetap menggunakan nama atau merek OLX serta platform teknologi OLX. Sementara situs, aplikasi, dan pengguna Berniaga akan dipindahkan ke platform OLX setelah semua proses persetujuan selesai dilakukan,” kata Alif kepada detikINET, melalui email, Jumat (14/11/2014).
Dengan demikian, besar kemungkinan Berniaga akan dikubur namanya oleh OLX.(detik/XYD)