Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh, Khususnya Gigi dan Mulut

0
295

Tanaman herbal satu ini merupakan salah satu yang mudah ditemui dan memiliki beragam khasiat bagi tubuh, khususnya bagian gigi dan mulut. Dengan ciri khas dari tampilan luarnya yaitu bentuk daun hati, warna hijau cerah dan menjalar, daun sirih banyak ditemukan di sekitar rumah. Jenisnya pun ada daun sirih merah dan daun sirih hijau. Daun sirih ini juga sudah menjadi salah satu tanaman obat sejak jaman dulu, seiring berkembangnya waktu, daun sirih banyak diolah menjadi beberapa bentuk sebagai alternatif untuk menyembuhkan sejumlah penyakit.

Pada dasarnya, kandungan Daun Sirih antara lain yaitu:

  • Protein: 3 persen per 100 gram.
  • Iodin: 3,4 mcg per 100 gram.
  • Sodium: 1,1-4,6% per 100 gram.
  • Vitamin A: 1,9-2,9 mg per 100 gram.
  • Vitamin B1: 13-70 mcg per 100 gram.
  • Vitamin B2: 1,9-30 mcg per 100 gram.
  • Asam nikotinat: 0,63-0,89 mg per 100 gram.

Salah satu penyakitnya antara lain sembelit maupun yang menyangkut kesehatan gigi dan mulut. Manfaat daun sirih banyak diolah beragam cara, yang populer adalah air rebusan daun sirih. Yang tentunya dipercaya sebagai cara untuk mengatasi gangguan pada organ mulut.

Dikutip dari tanyapepsodent.com, bahwa untuk kesehatan gigi dan mulut, manfaat daun sirih bisa mengurangi bau mulut dan plak gigi. Tentunya dua hal ini yang membuat kita menjadi kurang percaya diri ketika berhadapan dengan lawan bicara.

Salah satu manfaat dari daun sirih yaitu:

  1. Menjaga Kebersihan Mulut.
    Daun sirih memiliki antibakteri dan antiseptic yang cukup untuk menjadi salah satu cara membersihkan kebersihan mulut, terlebih saat setelah makan, bakteri atau kuman yang tertinggal di mulut bisa dikurangi dengan mengunyah atau berkumur dengan air rebusan daun sirih.
  2. Mengurangi Sariawan.
    Sariawan merupakan luka yang ada pada rongga mulut biasanya terjadi karena kurangnya konsumsi vitamin C, kurang konsumsi air ataupun tidak sengaja tergigit dengan gigi. Rasanya tidak nyaman mengalami sariawan, menjadi perih dan tidak nyaman ketika mengunyah makanan. Sariawan bisa dikurangi dengan cara ambil sekitar lima lembar daun sirih, lalu rebus dan dinginkan dengan segelas air, dan bisa dilakukan dengan berkumur rutin tiga kali sehari.
  3. Mengurangi Bau Mulut
    Daun sirih memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan, salah satunya mengandung polifenol terutama chavicol, yaitu khasiat anti jamur. Dengan adanya anti jamur pada daun sirih, mampu menangkal bakteri dan kuman yang ada pada mulut.
  4. Mencegah Plak Karang Pada Gigi
    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa banyak kandungan daun sirih yang bisa diolah untuk kesehatan mulut, daun sirih juga memiliki kemampuan dalam mengurangi plak karang pada gigi, biasanya ini terjadi karena kumpulan sisa – sisa makanan yang luput dari kita saat membersihkan gigi. Jika gigi sudah mulai ada plak, karang gigi, perlahan gigi akan mulai tergerus, lubang dan timbul sakit gigi dikemudian hari.
  5. Meringankan Sakit Gigi
    Nah, jika suatu saat sudah mengalami sakit gigi, selain mengkonsumsi obat-obatan, juga bisa dengan alternatif herbal yaitu menggunakan daun sirih sebagai langkah untuk mengurangi sakit gigi yang dilanda. Bisa dengan cara mengunyah daun sirih, langkah-langkahnya yaitu dengan cara ambil beberapa lembar daun sirih, cuci sampai bersih tiap lembarnya, lalu kunyah secara perlahan daun sirih yang sudah dicuci bersih tadi. Rasa sakit yang dialami, akan mulai berangsur kurang secara perlahan.

Nah, itu tadi beberapa kandungan serta manfaat apa saja yang bisa didapat dari daun sirih ketika kita mengalami kendala di organ mulut, baik dari bau mulut, sariawan, antisipasi plak dan tentunya membuat kita menjadi lebih percaya diri.