Mau APBD Besar? PAD Ditingkatkan!

0
259
Ilustrasi (tanjungpinangpos.co.id)
Ilustrasi (tanjungpinangpos.co.id)

MBNews, Tarakan – Tahun 2014 Pendapatan Asli Daerah Kota Tarakan mencapai Rp. 125,7 Milyar, sehingga diharapkan tahun depan akan lebih dimaksimalkan agar dapat menopang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tarakan. Walikota Tarakan Sofian Raga, Rabu (24/12/2014) mengatakan, beberapa sektor pajak dan retribusi yang selama ini belum maksimal akan divaluasi.

“PAD kita harus lebih besar lagi, dan kita akan pacu lagi penerimaan pajak daerah termasuk retribusi, hal ini akan baik jika tahun depan pemerintah Kota dan DPRD akan kembali menyusun APBD.” Kata Sofian

Konsep keuangan kedepannya juga mesti berimbang yakni berapa yang diterima dan sepadan dengan apa yang dikeluarkan, kecuali hal yang bersifat penting mendesak dan tidak bisa ditunda.

“Pokoknya kita seimbangkan dengan kondisi keuangan, maka dari itu peran serta aparatur pemerintah untuk jeli mana yang akan dikeluarkan dan mana yang tidak juga dibutuhkan.” Ujar Mantan Asisten 2 Setkot Tarakan tersebut

Kembali kepada prinsip penerimaan sebagai penopang APBD, peran serta masyrakat dalam membayar pajak dan retribusi juga dibutuhkan, jika banyak masyarakat taat pajak nilai APBD akan lebih meningkat dan hal tersebut bagus untuk pembangunan. (HFA)