Persaingan Dunia 4G-LTE, Telkomsel Xl dan Indosat Siap Bersaing !

0
1442
Jaringan 4G-LTE
Jaringan 4G-LTE (techradar.com)
Jaringan 4G-LTE
Jaringan 4G-LTE (techradar.com)

MBNews, Persaingan Dunia 4G-LTE, Telkomsel Xl dan Indosat Siap Bersaing ! Perkembangan dunia Teknologi komunikasi 4G LTE (Long Term Evolution) yang mulai berkembang, membuat operator selular yang lagi ramai saat ini sebut saja Telkomsel, XL dan Indosat siap bersaing di persaingan dunia telekomunikasi berbasis 4G LTE. Masing – masing operator selular meluncurkan sinyal 4G nya dengan beragam cara untuk menarik minat para pelanggan setia mereka.

Telkomsel meluncurkan layanan internet berkecepatan tinggi 4G LTE (long term evolution) pertama di Indonesia pada pekan kedua Desember 2014. Menurut Direktur Utama Telkomsel, Alex Sinaga, ini adalah operasi komersial 4G pertama setelah uji coba yang dilakukan sejak 2010. “Terakhir dilakukan di Bali pada ajang KTT APEC 2013,” kata Alex, dikutip dari situs Telkomsel, Selasa 9 Desember 2014.

Layanan Telkomsel 4G LTE digelar pada frekuensi 900 Megahertz (MHz) dengan lebar pita sebesar 5 MHz. Kecepatan akses data dari layanan ini mencapai 36 Megabita per detik (Mbps). Dengan frekuensi 900 MHz, sinyal 4G Telkomsel memiliki daya pancar yang lebih besar sehingga bisa menembus gedung di perkotaan hingga daerah di luar kota.

Tak berapa lama setelah Telkomsel meluncurkan layanan komersil 4G-LTE nya, kini XL juga tak ingin ketinggalan. Layanan LTE 4G XL saat ini baru secara resmi tersedia di Bogor, Yogyakarta dan Medan. XL mengklaim menjadi operator pertama yang menyediakan layanan 4G LTE di tiga kota tersebut, karena Telkomsel lebih memilih Jakarta dan Bali untuk menyediakan layanan 4G miliknya.

Sama seperti Telkomsel, XL menggelar layanan 4G LTE miliknya di spektrum 900 Mhz selebar 5 Mhz. Layanan yang baru disediakan oleh XL ini diklaim akan mampu menyediakan kecepatan data transfer hingga 36 Mbps.

XL menggunakan 100 base transceiver station (BTS) untuk menyediakan layanan telekomunikasi berbasis 4G miliknya. Anak usaha Axiata Group Berhad itu menjanjikan peluncuran 4G berikutnya akan dilakukan di Jakarta dan Surabaya.

Lebih didahului oleh Telkomsel dan XL, Indosat yang juga salah satu pesaing operator selular Indonesia ini juga tak mau kalah. “Peluncuran layanan Super 4G LTE ini merupakan wujud nyata komitmen Indosat menjadi pemimpinan layanan dan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dengan menikmati kecepatan internet yang stabil,” tutur Alex di Grand Indonesia, Senin (23/12/2014).

Untuk tahap awal, layanan ini baru bisa dinikmati di beberapa lokasi di Jakarta. Selanjutnya, akan diperluas secara bertahap di sejumlah wilayah lain.

Layanan 4G LTE Indosat di Yogyakarta dan Bali akan digelar pada kuartal pertama tahun depan. “Kita akan buka secara bertahap, karena kita harus research terlebih dahulu kebutuhan-kebutuhan di kota-kota lain,” jelas Alex.

Layanan 4G LTE Indosat saat ini sudah bisa dicicpi dari ujung kawasan Radio republik Indonesia hingga Duku Atas, baik indoor dan outdoor. Selain itu juga di kawasan Mall Taman Anggrek dan Kuningan City.

Bagi pelanggan Indosat yang ingin menggunakan teknologi generasi ke-empat ini, bisa menukar kartu SIM dengan nomor yang sama menjadi kartu SIM khusus Super 4G LTE secara gratis. Penukaran ini bisa dilakukan di Galeri Indosat Sarinah dan KPPTI.

Sama seperti Telkomsel dan XL, layanan 4G LTE Indosat digelar di frekuensi 900 MHz dengan pita selebar 5 MHz. “Untuk saat ini kecepatannya baru 35 Mbps, seiring waktu kalau frekuensinya sudah banyak dibuka akan bisa jauh lebih cepat,” ungkap Alex.(lip6/XYD)