Pertumbuhan Kendaraan Di Tarakan Mencapai 106.567 Unit 

0
476
ilustrasi (google.com)
ilustrasi (google.com)
ilustrasi (google.com)

MBNews, Tarakan – Pertumbuhan kendaraan di Tarakan dari tahun ke tahun semakin meningkat, dan sayangnya peningkatan pertumbuhan kendaraan tersebut tidak diimbangi dengan peningkatan infrastruktur jalan.

Anang Zakaria,S.T Kepala Seksi dan Teknis Sarana Angkutan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Tarakan mengatakan,  pertumbuhan kendaraan di Tarakan  sangat pesat, tercatat selama 2014 ada 106.567 unit kendaraan yang terdiri atas mobil penumpang 7.563 unit, bus 50 unit, truck serta mobil jenis pick up 4.105 unit, roda dua 94.764 unit, serta kendaraan khusus 85 unit.

“Pertumbuhan kendaran cukup pesat, terbanyak ada pada roda dua yang mencapai 94.764 unit.” Ungkap Anang Zakaria, Selasa (30/12/2014).

Ketika disinggung berapa jumlah  kendaraan luar daerah yang berada di Tarakan, dengan lugas Anang memastikan jumlah kendaraan luar daerah yang masuk ke Tarakan sebanyak 535 unit yang didominasi oleh Truck sebanyak 315 unit, mobil penumpang 135 dan 85 unit kendaraan roda dua.

“Truck luar daerah banyak beroperasi di Tarakan.” Jelasnya.

Disisi lain Kepala Dishub Tarakan Suparlan, ST. memastikan, dengan tingginya pertumbuhan kendaraan yang tidak diimbangi dengan kondisi jalan yang tersedia, menyebabkan dibeberapa titik jalan  mengalami kemacetan total khususnya pada jam tertentu.

“Pertumbuhan kendaraan tidak seimbang dengan ketersediaan  jalan, seperti halnya jalan ki hajar dewantara maupun jalan slamet riady pada jam tertentu padat merayap.” Ujar Suparlan.

Lanjutnya, untuk mengurai kemacetan akibat dari meningkatnya pertumbuhan kendaraan di kota Tarakan, selaku kepala Dishub Suparlan memastikan, kedua jalan tersebut akan diterapkan sistem satu jalur, dengan metode tersebut diyakinkan mampu membuat jalan kihajar Dewantara dan Slamet Riady bebas dari kemacetan. (run)