Peter Townsen Brahma, Akankah Jadi Captain Philips Versi Indonesia?

0
210
Sumber gambar : news.liputan6.com
Sumber gambar : news.liputan6.com
Kapal Tunda Brahma 12, Sumber gambar : news.liputan6.com

Merahbirunews.com, – Tahun 2013 Tom Hanks (yang bagi saya merupakan dewa dalam seni peran holywood) membintangi sebuah film berjudul Captain Philips yang berdasarkan kisah nyata dari Pelaut bernama Richard Philips, Kapten dari kapal pengangkut barang ternama Maersk Alabama.

(Maaf Spoiler) Diceritakan pada tahun 2009 kapal yang dibawanya dibajak oleh para perompak bersenjata dari Somalia di perairan laut sebelah timur Afrika, pembajakan tersebut dilakukan agar perompak mendapatkan uang tebusan dari pemerintah karena menculik Captain Philips dan awaknya. Walhasil setelah upaya diplomasi dengan pembajak gagal, diputuskan misi rahasia dari Navy Seal untuk menyelamatkan Captain Philips dan awaknya. Misi berjalan, perompak berhasil dilumpuhkan dan ditangkap, Captain Philips selamat.

Kejadian serupa kali ini nyata terjadi di wilayah perairan Tawi-Tawi Filipina dimana sebuah kapal tunda yang mengangkut batubara Brahma 12 dan Anand 12 dibawah komando Kapten Peter Townsen Brahma dibajak oleh separatis Abu Sayyaf. Seperti halnya perompak Somalia Abu Sayyaf meminta tebusan uang sebesar 50 Juta Peso Filipina atau 15 Milyar dan Peter Townsen Brahma dan awaknya dibebaskan. Abu Sayyaf meminta tenggat waktu hingga 31 Maret 2016.

Pemerintah sudah memberikan keterangan resminya atas pembajakan tersebut dan Upaya cepat dilakukan baik itu diplomasi hingga tindakan responsif, bahkan saat ini TNI melalui TNI Angkatan Laut sudah menerjunkan pasukan elitenya di Tarakan untuk melakukan tindakan responsive. TNI Angkatan Laut saat ini diuji, profesionalisme dan nama baik kesatuan tentunya dipertaruhkan.

Akankah Peter Townsen kembali ke pelukan keluarga dengan keadaan selamat seperti yang dialami Captain Philips? ataupun sebaliknya. Yang jelas Tim merahbirunews.com dan masyarakat Indonesia berdoa upaya penyelamatan berhasil. Bravo TNI.