Ramadan, Tingkat Pembesuk Wargabinaan Menurun

0
235
Warga binaan lapas sedang mengikuti pembinaan spritual Ramadan
Lapas Kelas II A Tarakan
Lapas Kelas II A Tarakan

MBNews, Tarakan – Selama Bulan Ramadan 1436 Hijriyah/2015 Masehi, tingkat kunjungan pembesuk warga binaan (narapidana dan tahanan) di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tarakan, mengalami penurunan dibandingkan hari biasa. Hal tersebut disampaikan Kepala Bimbingan, Pembinaan dan Pendidikan, Zainal Bintang, kepada merahbirunews.com.

Dikatakan, untuk jam besuk selama ramadan ada sedikit perubahan, jika hari biasa diluar ramadan, kunjungan dibuka pukul 08.30 hingga 14.30 Wita, namun selama Ramadan jam kunjungan dipersingkat hingga pukul 11.30 Wita.

“Meskipun jam besuk dikurangi selama Ramadan, kami memperbolehkan keluarga warga binaan untuk menitipkan makanan atau minuman ke penjagaan,Jelas Bintang, Sabtu (11/7/2015).

Bintang memastikan,  peningkatan kunjungan keluarga atau teman warga binaan biasanya  terjadi pada hari pertama Idul Fitri  hingga hari ke 3. Lebih lanjut dituturkan, pada hari raya idul fitri jam besuk akan di buka setelah sholat ied hingga sore hari, selama 3 hari.

“Saat Idul fitri kami biasanya menyediakan tenda besar untuk pembesuk bertemu dengan keluarganya yang menjadi warga binaan lapas, dan juga pembesuk dalam 1 keluarga bisa datang bekisar 5 hingga 10 orang, namun pada jam besuk di hari idul fitri nanti kami tetap meningkatkan pengawasan,pungkas Bintang (ctr/nur)