Cegah gangguan kamtibmas jelang lebaran, Pos pengamanan beroperasi

0
261
Kapolres Tarakan AKBP Sarif Rahman (hfa)
Kapolres Tarakan AKBP Sarif Rahman (hfa)
Kapolres Tarakan AKBP Sarif Rahman (hfa)

MBNews, Tarakan – Dalam menghadapi Operasi Ketupat Mahakam 2015  Polres Tarakan mempersiapkan beberapa pos penjagaan agar masyarakat aman dalam menjalankan aktivitas terutama mudik lebaran. Pos tersebut akan menjadi sumber aduan dan pengawasan sebagai antisipasi kejadian kriminal yang dialami masyarakat.

“Terutama di daerah Pelabuhan dan Bandara serta masyarakat yang memenuhi area wisata dan pusat perbelanjaan. Dan kita sudah melaksanakan gelar pasukan, Kamis (9/7/2015) mendatang di Mapolres Tarakan termasuk diikuti personil dari instansi pendukung.” Ujar Kapolres Tarakan AKBP Sarif Rahman kepada merahbirunews di ruang kerjanya

Untuk Pam operasi ketupat sendiri ada 3 pos yang disiapkan diantaranya di Bandara Juwata, Pelabuhan Tengkayu dan pusat perbelanjaan Gusher Tarakan. Tidak hanya pendirian pos petugas yang ditempatkan juga sudah sangat siap. Mulai dari peralatan dan cara bertindak saat terjadinya peristiwa yang menganggu ketertiban.

“Pos ini sudah mulai difungsikan dan beraktivitas, karena ada kapal Pelni yang mengangkut penumpang dari dan keluar Tarakan kemudian kegiatan bedug sahur,” Katanya

Kemudian dengan pindahnya Terminal Bandara Juwata Tarakan ke terminal baru membuat Pos Pam Operasi Ketupat akan berpindah Sementara untuk terminal lama rencananya akan dijadikan pusat kerajinan dan oleh-oleh Tarakan dari UMKM yang ada di Tarakan.

“yang paling utama dan perlu waspadai bersama seperti dari segi kerawanan kasus kriminal yang terjadi dikawasan vital arus mudik, namun intinya kehadiran pos yang dibangun dapat membantu mengurangi indikasi masyarakat yang mengalami tindakan kriminal,” Lanjutnya.

Lalu apakah tindakan itu, diantaranya masalah pencurian, copet hingga penipuan, selain itu segala aktivitas masyarakat yang melakukan ibadah juga dipantau, kegiatan takbiran, kegiatan pawai bedug sahur, kemudian yang paling terpenting antisipasi bencana juga terpantau baik bencana di lautan yakni kapal tengelam atau bencana di daratan yakni kebakaran, banjir dan lainnya

Selain itu, khusus untuk antisipasi bencana di lautan, Polres sudah melakukan koordinasi dengan instansi maritim dan kepelabuhan diantaranya, TNI AL, KSOP Syahbandar, Polair hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Tidak ketinggalan juga polisi lakukan koordinasi dengan instansi kesehatan yang jika terjadi bencana kecelakaan langsung melakukan tindakan diantaranya RSUD, Puskesmas dan PMI dengan beberapa mobil ambulan yang stand by dibeberapa pos,” Tambah Sarif

Keberadaan pos tersebut tidak sekedar berdiri namunpetugas yang ditempatkan melakukan patroli untuk memantau potensi gangguan keramaian. “Kita juga melakukan pengawasan terhadap petasan, tetapi kalau petasandari hasil pantauan kita memang sudah berkurang. Karena dari Kapolri langsungmendatangi pabriknya untuk tidak menerima orderan atau pesanan petasan,” Pungkasnya (hfa)