Selama Musim Buah, Volume Sampah Naik Drastis

0
416
Tumpukan sampah di TPA Hake Babu (run)
Tumpukan sampah di TPA Hake Babu (run)

MBNews, Tarakan – Tingginya intensitas masyarakat mengkonsumsi buah musiman dalam beberapa waktu terakhir berakibat pada tinggi jumlah volume sampah khususnya kulit dan biji dari buah-buahan musiman tersebut. Menurut informasi yang diperoleh MBNews dari Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman atau DKPP Pemkot Tarakan, terjadi peningkatan 30% sampah rumah tangga selama musim buah.

“Jadi pengaruh tingginya konsumsi masyarakat terhadap buah musiman mengakibatkan volume sampah meningkat sebesar 3 ton lebih, adapun peningkatan sampah terlihat sejak bulan agustus sebanyak 79,6 ton perharinya, sedangkan pada bulan Juli hanya 76 ton perharinya.” Jelas Kepala Seksi Pemusnahan dan Pemanfaatan sampah DKPP Tarakan Abdul Muin, Selasa (16/9/2014)

Menurut Abdul Muin untuk bulan September mendatang diprediksi jumlah sampah akan naik dikisaran 80 ton perhari. Sementara masalah lain yang dihadapi yakni armada pengangkut sampah masih terbatas dan DKPP merasa agak kesulitan untuk mengangkut semua sampah, namun akan tetap mengoptimalkan kinerjanya.

“Kami perkirakan bulan depan dimana mendekati akhir musim buah akan naik dengan kisaran 80 ton perharinya, walaupun dengan armada yang terbatas kami akan tetap mengoptimalkan pengangkutan sampah dengan armada pengangkut yang ada” Ungkapnya. (CTR/HFA)