Teknologi Balon Internet Google Untuk Membantu Akses Internet di Indonesia

0
109
Teknologi Balon Internet Milik Google
Teknologi Balon Internet Milik Google
Teknologi Balon Internet Milik Google
Teknologi Balon Internet Milik Google

merahbirunews.com, Teknologi Balon Internet Google Untuk Membantu Akses Internet di Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan populasi penduduk yang cukup banyak. Namun, tidak semua akses internet atau akses jaringan komunikasi tersebar merata hingga di pelosok negeri. Itulah alasan Project Balon Loon Google ini akan beroperasi di Indonesia sekitar tahun 2016 nanti dengan menggandeng 3 operator telekomunikasi terbesar di Indonesia yaitu Telkomsel, XL dan Indosat.

Peresmian kesepakatan ini dilakukan Rabu (28/10/2015) di Lab X, markas Google di Mountain View, California, AS yang dikenal sebagai laboratorium rahasia yang dikomandoi pendiri Google Sergey Brin.

Brin menghadiri acara tersebut bersama CEO Telkomsel Ririek Adriansyah, CEO XL Axiata Dian Siswarini serta CEO Indosat Alexander Rusli. Tak lupa, pada acara yang berlangsung di halaman belakang Lab X tersebut dipamerkan pula balon Loon yang tengah mengembang.

Kesepakatan tiga operator dengan Google ini masih berupa kerja sama uji teknis. Jadi belum ada pembicaraan soal komersialisasi di antara perusahaan.

Google sendiri menyambut kerjasama ini dengan suka cita. Terlebih Indonesia dikenal negara luas dengan populasi penduduk lebih dari 200 juta jiwa. “Sesekali berada di jangkauan komunikasi adalah hal baik, tapi bagi mereka yang tak terjangkau komunikasi setiap hari tentu akan menjadi kekurangan,” ujar Sergey Brin, pendiri Google yang hadir dalam kesepakatan tersebut.

Balon Loon sendiri berfungsi sebagai menara telepon seluler terbang dengan jangkauan 40 km. Ia mengangkasa dengan angin stratosferik di ketinggian 20 km atau dua kali pesawat komersial, masing-masing balon memancarkan koneksi internet turun ke permukaan dan bila salah satu balon ini keluar jalur maka balon baru akan menggantikannya.

Ini Wilayah Indonesia Pertama Yang Mendapat Kesempatan Teknologi Balon Internet Google