Tips Keripik Kentang Balado Tetap Renyah

0
371

Tips Keripik Kentang Balado Tetap RenyahSource: bing.com

Keripik kentang balado adalah camilan yang sangat digemari oleh banyak orang. Rasa pedas dan gurihnya membuat lidah bergoyang dan selalu ingin mencoba lagi. Namun, seringkali keripik kentang balado yang kita beli dari toko terasa kurang renyah dan enak. Oleh karena itu, kali ini kita akan memberikan tips agar keripik kentang balado tetap renyah dan lezat.

Pilih Kentang yang Tepat

Pilihlah kentang yang tepat untuk membuat keripik kentang balado. Pilih kentang yang berwarna kuning pucat atau kuning kecoklatan. Kentang jenis ini memiliki kandungan pati yang cukup tinggi dan lebih cocok untuk dijadikan keripik. Selain itu, pastikan kentang yang dipilih tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Kentang yang terlalu besar akan sulit dipotong dan keripiknya akan terlalu tebal dan kurang renyah, sedangkan kentang yang terlalu kecil akan sulit diiris.

Iris Kentang dengan Ketebalan yang Sama

Agar keripik kentang balado tetap renyah dan enak, iris kentang dengan ketebalan yang sama. Sebaiknya, irisan kentang memiliki ketebalan sekitar 1-2 mm. Jangan terlalu tebal atau terlalu tipis karena akan mempengaruhi tekstur keripik nantinya.

Rendam Kentang dalam Air Dingin

Setelah diiris, rendam kentang dalam air dingin selama 10-15 menit. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan pati yang berlebihan dan membuat keripik kentang lebih renyah. Jangan lupa untuk mengeringkan kentang setelah direndam agar tidak terlalu basah.

Goreng dengan Minyak yang Sudah Dipanaskan

Goreng keripik kentang balado dengan minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Panaskan minyak sampai suhu mencapai 160-170 derajat Celsius. Jangan terlalu banyak menggoreng keripik kentang sekaligus karena akan membuat minyak menjadi kotor dan keripik tidak akan renyah.

Tambahkan Bahan-Bahan Balado Sesuai Selera

Setelah keripik kentang sudah matang dan renyah, tambahkan bahan-bahan balado sesuai selera. Bahan-bahan yang biasa digunakan antara lain cabe merah, bawang putih, garam, dan gula. Jangan terlalu banyak menambahkan bahan-bahan karena akan membuat keripik kentang tidak sehat dan terlalu pedas.

Dengan mengikuti tips di atas, keripik kentang balado yang kamu buat di rumah akan tetap renyah dan enak. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti keju atau saus untuk memberikan rasa yang berbeda pada keripik kentang balado mu.

Sering Ditanyakan

1. Apa jenis kentang yang paling cocok untuk membuat keripik kentang?

Jenis kentang yang cocok untuk membuat keripik kentang adalah kentang berwarna kuning pucat atau kuning kecoklatan.

2. Apa yang harus dilakukan setelah mengiris kentang?

Setelah mengiris kentang, rendam kentang dalam air dingin selama 10-15 menit untuk menghilangkan pati yang berlebihan.

3. Bagaimana cara membuat keripik kentang balado tetap renyah?

Untuk membuat keripik kentang balado tetap renyah, pilih kentang yang tepat, iris kentang dengan ketebalan yang sama, rendam kentang dalam air dingin, goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan, dan tambahkan bahan-bahan balado sesuai selera.

4. Apa yang harus dilakukan agar minyak tidak terlalu kotor saat menggoreng keripik kentang?

Jangan terlalu banyak menggoreng keripik kentang sekaligus karena akan membuat minyak menjadi kotor dan keripik tidak akan renyah.

5. Apa saja bahan-bahan balado yang bisa ditambahkan pada keripik kentang?

Bahan-bahan balado yang biasa digunakan antara lain cabe merah, bawang putih, garam, dan gula.

Related video of Tips Keripik Kentang Balado Tetap Renyah