Wanita Banyak Membantu Peningkatan Ekonomi Keluarga

0
244
Ilustrasi
Ilustrasi

MBNews – Zaman emansipasi wanita memasuki masa keemasan, betapa tidak gerakan emansipasi wanita yang disuarakan oleh Negara barat sudah merambah ke Indonesia, Hal itu dibuktikan dengan Perempuan Indonesia sudah memiliki andil dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dengan berbisnis. Salah satu bisnis yang memiliki potensi besar adalah bisnis kuliner.

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang memiliki pertumbuhan tinggi sejalan dengan meningkatnya jumlah populasi dan daya beli masyarakat. Kuliner kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia.

Setiap tahun, potensi bisnis ini semakin besar. Kementerian Pariwisata mencatat, pada tahun 2013 sektor kuliner memberikan kontribusi nilai tambah bruto sebesar Rp 208,6 triliun dengan rata-rata pertumbuhan 4,5% pada tahun 2012-2013.

Hasil survey Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebanyak 51 persen keuangan keluarga ditentukan oleh perempuan. Bahkan di sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dengan berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, sekitar 60 persen UMKM di Indonesia dimotori oleh kaum perempuan. (merdeka.com/nur)