5 Bagian Pesawat yang tersebut Paling Kotor, Jangan Asal Sentuh

0
203

merahbirunews.com – Jakarta – Pesawat mengakibatkan jutaan penumpang setiap hari dengan berbagai rute penerbangan. Karena setiap penerbangan harus tepat waktu, terkadang tak cukup waktu untuk membersihkan setiap bagian pesawat dengan cermat. Bagian-bagian yang digunakan jarang dibersihkan itu menjadi kotor juga berbagai kuman.

Itu sebabnya, pramugari menyarankan menggunakan pembersih tangan atau hand sanitizer pasca menyentuhnya. Hal ini untuk menghindari perpindahan kotoran ke penumpang. 

Berikut lima tempat paling kotor di tempat pesawat menurut pramugari. 

1. Kartu Petunjuk Keselamatan

Di setiap kursi pesawat terdapat kartu instruksi keselamatan yang sanggup dibaca penumpang sebelum terbang. “Tempat paling kotor di dalam pesawat adalah kartu instruksi keselamatan pada saku kursi,” Josephine Remo, pramugari juga blogger perjalanan, seperti dilansir dari Travel + Leisure, Ahad, 3 Desember 2023. 

Saku tempat kartu yang disebutkan dekat dengan meja baki yang biasanya diseka, tapi kartu instruksi tidak. Jadi, setelahnya selesai membaca petunjuk keselamatan, pastikan untuk menggunakan pembersih tangan. Lebih baik lagi, bersihkan kartu instruksi dengan tisu basah untuk kebaikan calon penumpang berikutnya. 

2. Kompartemen Atas

Selain itu, kata Remo, kompartemen menghadapi juga disentuh sejumlah orang serta jarang dibersihkan. Jadi, sebaiknya seka dulu sebelum membukanya. Meskipun sulit untuk menghindarinya, pasca selesai memuat barang bawaan, cukup gunakan pembersih tangan sekali lagi.

3. Meja Baki

Sue Fogwell, pramugari dengan pengalaman lebih besar dari dua dekade, mengatakan, ada baiknya untuk membersihkan meja baki pasca berada di tempat pesawat, teristimewa sebelum makan.

“Penumpang pada umumnya tahu bahwa pesawat penuh dengan [kotoran], namun [meja baki] lebih banyak dari sekadar kuman,” kata Fogwell.

Sebuah studi pada 2015 yang digunakan diadakan oleh Travelmath menunjukkan bahwa meja baki mempunyai bakteri hampir delapan kali tambahan sejumlah per inci persegi dibandingkan tempat paling kotor kedua, tombol ventilasi udara dalam berhadapan dengan kepala.

4. Sarung Jok

Fogwell menambahkan bahwa sarung jok tak setiap saat diganti atau dibersihkan, kecuali ada laporan. “Tidak semua kejadian buruk dilaporkan [karena] hal itu dapat menyebabkan penundaan penerbangan,” katanya. Bagi mereka itu yang tersebut tiada tahan membayangkan kursi yang mana menjijikkan, bawa sendiri cover jok sakali pakai. 

5. Pegangan Kamar Mandi

Toiletnya pesawat memang sebenarnya rutin dibersihkan, tapi kunci dan juga gagang pintunya tidak, kata Remo. “Sebaiknya penumpang menggunakan hand sanitizer pasca menyimpan barang bawaannya, menyentuh apa pun dalam saku kursi di dalam depannya, lalu pergi ke kamar mandi.”

Pada Oktober 2023, reporter Andrea Sachs mengakumulasi sampel dari seluruh pesawat dan juga menemukan bahwa pegangan wastafel toilet adalah yang paling kotor, disertai oleh meja kursi.