Manfaat Asuransi Kesehatan Dan Tips Memilih Yang Terbaik

0
159
Ilustrasi Asuransi Kesehatan
Ilustrasi Asuransi Kesehatan
Ilustrasi Asuransi Kesehatan
Ilustrasi Asuransi Kesehatan

Asuransi merupakan jaminan yang diberikan di masa depan. Salah satu jenis asuransi yang dapat dipilih adalah asuransi kesehatan yang akan menjamin biaya kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan yang mengeluarkan produk asuransi tersebut kepada anggotanya. Manfaat asuransi kesehatan yang dapat diperoleh oleh anggotanya bermacam-macam tergantung dari produk asuransi kesehatan yang dipilih misalnya mendapatkan biaya tambahan untuk melakukan rawat inap, mendapatkan biaya perawatan, biaya konsultasi dokter, perawatan gigi, mendapatkan uang tunai jika asuransi tersebut juga merupakan suatu investasi.

Untuk mendapatkan manfaat ketika mendaftarkan asuransi kesehatan, Anda harus mengerti terlebih dahulu mengenai pentingnya asuransi kesehatan yang Anda daftarkan. Misalnya untuk menjamin kesehatan Anda dan sebagai salah satu investasi, Anda dapat memilih asuransi kesehatan berinvestasi. Oleh karena itu, pemilihan perusahaan yang mengeluarkan jenis asuransi tersebut dan jenis produknya, Anda harus teliti.

Anda harus memilih perusahaan yang mengeluarkan produk asuransi yang dapat dipercaya dan mempunyai track record yang baik. Anda dapat mengetahui baik tidaknya berdasarkan pada berita yang sering diberitakan oleh media dan komplain dari anggotanya, lamanya perusahaan tersebut berdiri. Sebaiknya pilih perusahaan asuransi yang telah berdiri setidaknya 5 tahun. Hal tersebut dikarenakan, perusahaan akan lebih memiliki pengalaman dalam menjalankan asuransi misalnya untuk menerapkan solusi ketika menghadapi masalah tertentu.

Tips yang dapat membantu Anda dalam memilih asuransi kesehatan sehingga Anda akan mendapatkan manfaat asuransi kesehatan secara maksimal dan sesuai dengan kebutuhan Anda yaitu:

  • Mencermati dan membandingkan besaran premi yang harus dibayarkan yang diberikan oleh asuransi tersebut. Pilih premi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang Anda miliki.
  • Sebelum menandatangani persetujuan sebagai anggota dari asuransi tersebut, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu mengenai ketentuan dan peraturan mengenai asuransi tersebut terutama cara untuk mengajukan klaim sehingga akan meminimalkan kesalahan di masa mendatang.
  • Jika Anda ingin mendapatkan premi yang dibayarkan lebih murah, sebaiknya Anda mengikuti program asuransi kesehatan kolektif. Misalnya Anda dapat mengajukan asuransi kesehatan bersama dengan keluarga Anda atau teman Anda.