Anda pekerja supersibuk? Hati-hati rentan terserang flu

0
281
ilustrasi (obatflu.org)
ilustrasi (obatflu.org)
ilustrasi (obatflu.org)

MBNews, Bila anda termasuk orang yang supersibuk dengan aktivitas kerja yang tinggi, bisa jadi rentan terserang penyakit jika tidak pandai menjaga kesehatan. Tingkat berkegiatan yang tinggi ini sangat memungkinkan mereka menjadi rentan terhadap penyakit salah satunya flu dan batuk.

Ketua Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia Dokter Nursye E Zamsiar, MS, SpOK mengatakan bahwa tingkat produktivitas tenaga kerja dapat dipengaruhi dengan ketidakteraturan atau keseimbangan serta lingkungan kerja sehari-hari.

“Penyebab turunnya produktivitas sangat dekat dengan lingkungan kerja sehari-hari. Salah satu penyakit yang seringkali muncul karena imunitas yang sedang rendah adalah flu dan batu,” ujar dr. Nusye E Zamsiar Kamis (26/3/2015).

Lebih lanjut, dia menyebutkan sepertiga lingkungan kantor diendapi kuman penyebab sakit flu. Terlebih lagi ruangan kantor yang sirkulasi udaranya buruk. Ditambah dengan interaksi antar karyawannya sangat intens. “Akan tetapi 80% pekerja bersikeras untuk bekerja ketika mereka sakit, sehingga lingkungan kerja menjadi lebih mudah terkena virus dan bakteri,”katanya.

Oleh karenanya keseimbangan pekerjaan dan kehidupan dapat memberikan kontribusi terhadap performa yang lebih tinggi. (okezone.com/hfa)