Batu Giok 20 Ton di Nagan Raya Ini Diperebutkan Warga

0
481
Batu Giok 20 Ton di Nagan Raya yang Diperebutkan Warga
Batu Giok 20 Ton di Nagan Raya yang Diperebutkan Warga
Batu Giok 20 Ton di Nagan Raya yang Diperebutkan Warga
Batu Giok 20 Ton di Nagan Raya yang Diperebutkan Warga

MBNews, Batu Giok 20 Ton di Nagan Raya Ini Diperebutkan Warga. Fenomena batu-batuan yang melanda Indonesia saat ini bukanlah hal tabu, mulai dari batu akik hingga batu giok menjadi sasaran warga. Bahkan di Nagan Raya, Banda Aceh ditemukan batu giok seberat 20 ton.

Batu alam itu berada di dekat aliran sungai di Gampong Krueng Isep, Kecamatan Beutong, Nagan Raya. Lokasinya di kawasan hutan, belasan kilometer dari jalan provinsi, dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 1-2 jam.

Pekan lalu, ratusan warga dan para pendatang bersitegang gara-gara batu itu. Warga sekitar tak mau batu diambil karena ada moratorium pengambilan batu alam yang dikeluarkan pemerintah setempat. Di lain pihak, pendatang ingin mendapatkan batu itu.

Perseteruan dua kelompok itu cukup ‘panas’. Ada yang bawa senjata tajam segala. Untung, polisi berhasil meredakan ketegangan.

Garis polisi dipasang di sekitar batu setelah kejadian itu. Tak ada yang boleh mengambilnya secuil pun. Alhasil, hingga saat ini, batu yang ditaksir berbobot 20 ton itu tetap berada di tempatnya.

Pemkab setempat mengeluarkan moratorium pengambilan batu alam pada 5 Februari lalu. Warga di Nagan Raya tidak diizinkan mengambil batu. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan. Aturan ini berlaku hingga 8 Maret 2015 mendatang.

Batu giok Aceh memang bernilai tinggi. Bila sudah digosok dan sudah jadi, harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Bahkan miliaran. Tak heran, ada orang yang rela datang dengan membawa senjata tajam demi batu berukuran besar sebagaimana ditemukan di Gampong Krueng Isep, Kecamatan Beutong, Nagan Raya tersebut.(detik/XYD)