Be Smart, Inilah Tips Membedakan Bakso Babi dan Bakso Sapi

0
939

Merahbirunews.com, Inilah Tips Membedakan Bakso Babi dan Bakso Sapi. Kabar seputaran peredaran bakso yang mengandung babi bukan kali ini saja, di beberapa daerah lainnya bahkan juga ada isu bakso anjing maupun bakso kucing. Isu-isu seperti itu diperkuat lagi dengan naiknya harga daging yang kian meningkat. Namun isu yang lebih sering terdengar fenomena bakso babi. Sebenarnya menyantap daging babi tidak ada masalah dari segi nutrisi. Namun, karena larangan mengkonsumsi daging babi untuk masyarakat muslim tentunya mengundang masalah. Apalagi penjual tidak memberi informasi soal jenis daging yang dipakai. Sebagai konsumen sebaiknya lebih cermat. Nah, bagaimanakah tips dasar untuk membedakan bakso babi dan bakso sapi agar terhindar memakan bakso berbahan dasar daging babi ? Berikut ulasannya yang kami sadur dari berbagai sumber di Internet.

1Warna

Warna bakso babi dan sapi nyaris sama, putih sedikit merah kecokelatan. Tetapi jika dipotong akan terlihat warna daging lebih pucat. Warnanya agak merah muda dan bukan merah kecokelatan seperti daging sapi.

2Aroma

Daging babi lebih berminyak karenanya jika dibuat bakso akan mengeluarkan aroma lemak yang tajam. Permukaan bakso juga lebih licin berminyak. Ini juga terlacak untuk jenis bakso daging sapi dengan campuran minyak babi.

3Tekstur

Bakso daging babi biasanya teksturnya lebih halus, lembut dan berminyak. Tidak kesat atau nyarus kering seperti bakso daging sapi. Juga tidak ada urat di dalam adonannya. Licin dan bersih.

4Ukuran

Umumnya bakso daging babi berukuran sedikit lebih besar dari bakso daging sapi. Karena teksturnya lembut cenderung dibuat lebih besar.

5Harga

Umumnya harga bakso babi lebih murah karena daging babi sebagai bahan utamanya juga lebih murah harganya. Jika bakso daging sapi harganya lebih murah bisa jadi dipakai campuran tepung kanji yang lebih banyak atay campuran daging babi. (detik)

Video Tips membedakan bakso daging celeng (babi) Skip langsung ke menit 4:50 untuk langsung streaming tips nya:

Video Tips membedakan bakso daging celeng (babi) Skip langsung ke detik 0:50 untuk langsung streaming tips nya: