Bulan Juli Hingga Agustus, Dinsosnaker Tarakan Panen Pembuatan Kartu Kuning

0
576
Ilustrasi Kartu Kuning (google)
Ilustrasi Kartu Kuning (google)
Ilustrasi Kartu Kuning (google)
Ilustrasi Kartu Kuning (google)

MBNews, Tarakan – Bulan Juli hingga Agustus, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Tarakan kebanjiran warga yang membuat kartu kuning atau kartu tanda pendaftar pencari kerja (AK I). Mengingat pada bulan tersebut, selain bertepatan dengan kelulusan anak sekolah juga bertepatan dengan lowongan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Kepala Dinsosnaker Tarakan Agus Sutanto, Kamis (17/07/204) mengatakan, Jika tidak ada moment kelulusan anak sekolah, serta penerimaan CPNS, dalam sebulan warga yang membuat kartu kuning dikisaran 100 hingga 150 orang. Namun pada pasca kelulusan pelajar SMA serta penerimaan CPNS peningkatan pembuatan kartu kuning bisa mencapai 2 kali lipat lebih.

“Pembuatan kartu kuning atau AK I, dibulan juli dan agustus bisa mencapai 700 orang dalam sebulan atau 2 kali lipat dari bulan biasa.“ Ucap Agus Sutanto.

Sementara berdasarkan data dari Dinsosnaker Tarakan, dari bulan januari sampai akhir bulan juni 2014, tercatat ada 900 pencari kerja yang telah terdaftar di Dinsosnaker. Jumlah pencari kerja akan terus meningkat sesuai dengan kebutuhan serta lowongan kerja yang tersedia baik itu penerimaan CPNS hingga sektor swasta.(RUN/HFA)