Ini 4 Langkah Agar Tidak Boros Saat Berbelanja

0
119
Ilustrasi Tips Hemat Berbelanja
Ilustrasi Tips Hemat Berbelanja
Ilustrasi Tips Hemat Berbelanja
Ilustrasi Tips Hemat Berbelanja

merahbirunews.com, Ini 4 Langkah Agar Tidak Boros Saat Berbelanja. Belanja mungkin menurut sebagian orang merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, namun faktanya justru berbelanja merupakan hal yang sulit untuk mengatur pengeluaran dalam memenuhi kebutuhan saat berbelanja, entah belanja di pasar tradisional ataupun supermarket. Alih-alih ingin membeli kebutuhan rumah tangga yang telah habis, namun nyatanya justru malah membeli banyak barang yang kurang penting diluar barang kebutuhan yang dicari tadi. Nah untuk itu, inilah 4 langkah tips untuk berhemat dalam berbelanja kebutuhan di pasar yang kami sadur dari kompas.

1Buatlah daftar belanja sedetail mungkin

Siapkan daftar belanja sebelum Anda pergi ke tempat tujuan untuk mendapatkan kebutuhan. Buat daftar sesuai urutan dari yang terpenting hingga bisa ditunda. Tulislah pada secarik kertas atau pada perangkat smartphone Anda. Yang utama dari hal ini adalah jangan sampai “keluar jalur” dari daftar tersebut. Jadi cobalah taati!

2Buat contekan harga belanja dari rumah

Siapkan kalkulator dan cobalah menempatkan estimasi harga kemudian hitunglah dana yang harus Anda siapkan nanti. Jangan lupa untuk membawa contekan ini saat pergi berbelanja.

3Jadilah anggota tempat belanja langganan untuk meraih program menarik

Sekarang ini banyak pasar swalayan atau super market yang menawarkan program menjadi anggota belanja. Coba perhatikan apakah program keanggotaan tersebut memiliki keuntungan yang mumpuni. Siapa tahu ada potongan harga, promosi atau penawaran menarik lain yang membuat Anda dapat berhemat tiap kali berbelanja.

4Biasakan bayar dengan uang tunai

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang akan menghabiskan 18 persen lebih banyak pengeluaran saat melakukan transaksi tanpa menggunakan uang tunai. Tak hanya kartu kredit, kartu debit Anda juga sama bahayanya. Siapkan uang kas di dompet saat berbelanja, dan ingatlah untuk berbelanja sesuai jumlah uang yang Anda siapkan.

Mengapa sangat penting untuk berbelanja sesuai daftar yang telah Anda buat ? fakta menyebutkan bahwa kebanyakan orang yang Mengapa sangat penting untuk berbelanja sesuai daftar yang telah Anda buat? Fakta menyebutkan bahwa kebanyakan orang yang menghabiskan waktunya untuk memenuhi kebutuhan di pasar swalayan atau super market, memiliki 14 jenis barang belanjaan yang ternyata sama sekali tak penting.