Cuaca tak menentu, masyarakat Tarakan rawan terkena ISPA

0
367

675770_03051114062014_ispaMBNews, Tarakan – Masyarakat Tarakan yang berobat ke puskesmas maupun dirujuk ke rumah sakit saat ini didominasi oleh Penyakit infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA. Kepala Puskesmas Karang Rejo Tarakan dr. Ishak Paloga mengatakan selain kasus ISPA bila tidak ditangani dengan intensif bisa berakibat parah bagi penderita dan bisa menyebabkan meninggal dunia.

“Faktor cuaca yang terjadi saat ini dan gaya hidup masyarakat mempengaruhi jumlah pasien ke rumah sakit yang menderita penyakit tersebut, maka pola hidup sehat dan istirahat yang cukup diperlukan agar penyakit tersebut tidak gampang masuk ke tubuh,” Kata Dr. Ishak kepada merahbirunews.com

Cara lainnya yang bisa ditanggulangi agar terhindar dari sakit tersebut perilaku bersih dan sehat dengan menjaga lingkungan untuk tetap bersih “Dengan tingginya kasus penyakit tersebut, dinas kesehatan melalui Puskesmas terus melakukan pelayanan kepada pasien baik itu di puskesmas dan pelayanan kesehatan lainnya.” Tambahnya

Namun diharapkan saat melakukan proses pengobatan masyarakat diharapkan melakukan prosedur yang berlaku di puskesmas maupun ke rumah sakit, utamanya pasien yang mengunakan asuransi jaminan kesehatan daerah dan masyarakat atau asuransi BPJS Kesehatan. (hfa)

ISPA

Tanda Gejala Penyakit Ispa Yang Umum Ialah Sperti Di Bawah Ini :

  1. Badan pegal
  2. Sakit kepala
  3. Batuk
  4. Sakit tenggorokan
  5. Demam ringan
  6. Beringus
  7. Tekanan di muka dan sering bersin

Setelah terpapar patogen microbial maka gejala-gejala tersebut akan tampak setelah 1-3 hari. Selain itu, penyakit ISPA berlangsung selama 7-10 hari yang diikuti dengan gejala leher sakit, terasa sakit ketika menelan, demam tanpa hidung beringus dan batuk serta suara berubah. Oleh karena itu, mereka yang didiagnosis atau dideteksi mengalami gejala penyakit ISPA disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang merangsang rasa sakit pada tenggorokan, yakni yang mengandung bahan pewarna, terlalu manis dan mengandung pengawet, minuman yang terlalu dingin.

Dan Berikut Ini Ialah Tanda Gejala Penyakit Ispa yang sudah terlanjur parah :

  1. Napas tidak teratur
  2. Sesak pada pernapasan
  3. Seperti ada cairan pada suara saat bernapas
  4. Badan lemas dan lesu
  5. Nyeri bagian dada
  6. Detak jantung tidak beraturan dan berdetar dengan cepat
  7. Hipertensi
  8. Hipotensi
  9. Gagal jantung
  10. Lebih banyak berkeringat
  11. Stress
  12. Sakit kepala
  13. Kejang

Itulah tanda gejala penyakit ispa pada umumnya serta tanda gejala penyakit ispa yang sudah terlanjur parah. Ada baiknya Anda harus segera periksa agar ditangani dengan tepat dan benar. (merantionline.com)