Dosen Universitas Andalas Masuk Daftar Top 100 Ilmuwan di tempat Indonesia versi AD Scientific Index 2024

0
698

merahbirunews.com – Jakarta – Dosen sekaligus peneliti Universitas Andalas Muhammad Makky masuk dalam daftar Top 100 Ilmuwan pada Indonesia versi AD Scientific Index tahun 2024. Makky yang digunakan merupakan dosen Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) itu ada dalam jajaran 100 besar peniliti Oil Palm, Automation, Machine Vision, Spectroscopy, Nondestructive.

Rektor Universitas Andalas Yuliandri mengapresiasi juga mengucapkan selamat kepada Muhammad Makky yang digunakan masuk jajaran bergengsi itu. Capaian itu diharapkan mampu menginspirasi serta memacu semangat para peneliti lainnya di tempat Universitas Andalas untuk dapat berprestasi, termasuk dalam pemeringkatan ini ke depannya.

“Masuknya ke dalam 100 Ilmuan di area Indonesia versi AD Scientific Index tahun 2024 membuktikan peneliti Universitas Andalas diakui secara internasional dengan publikasi yang tersebut banyak disitasi oleh para peneliti lain di area berbagai belahan dunia,” kata Yuliandri dikutip dari laman Unand, Selasa, 7 November 2023.

Yuliandri mengatakan kampus terus menyokong para penelitinya agar terus giat melakukan publikasi dalam berbagai jurnal internasional melalui berbagai program.

Adapun penilaian AD Scientific Index ini dijalankan berdasarkan kinerja ilmiah lalu nilai tambah dari produktivitas ilmiah para ilmuwan dalam enam tahun terakhir. Lembaga ini melakukan pemeringkatkan lalu menganalisis ilmuwan dari seluruh dunia berdasarkan kinerja ilmiah serta nilai tambah dari produktivitas ilmiah mereka.

Indeks ini juga memberikan peringkat institusi berdasarkan karakteristik ilmiah dari ilmuwan yang dimaksud berafiliasi. Basis penilaian serta pemeringkatan ilmuwan dilihat dari produktivitas lalu efektivitas kerjanya dalam lima tahun terakhir. Adapun mengenai indikator yang digunakan disajikan dalam pemeringkatan ini terdiri dari h-index, i10 index serta total sitasi.