Google Doodle Tokoh George Boole Di Ulang Tahunnya Hari Ini

0
154
George Boole Logic
George Boole Logic
Google Doodle George Boole
Google Doodle George Boole

Google Doodle George Boole Di Ulang Tahunnya Hari Ini. Hari ini tepat 2 November 2015, salah satu tokoh penting dunia berulang tahun yang ke 200 dan dirayakan oleh google berupa Doodle (halaman perayaan di bagian depan laman pencarian google). Beliau adalah George Boole, seorang matematikan, pendidik dan juga filsuf berkebangsaan Inggris lahir pada 2 November 1815. Penemuannya dalam dunia matematika dikenal dengan Aljabar Boolean.

Dalam matematika dan ilmu komputer, Aljabar Boolean adalah struktur aljabar yang “mencakup intisari” operasi logika AND,OR, NOR, dan NAND dan juga teori himpunan untuk operasi union, interseksi dan komplemen.

Penamaan Aljabar Boolean sendiri berasal dari nama seorang matematikawan asal Inggris, bernama George Boole. Dialah yang pertama kali mendefinisikan istilah itu sebagai bagian dari sistem logika pada pertengahan abad ke-19.

George Boole Logic
George Boole Logic

Pemikiran Boole dituangkan lewat postulat dan istilah-istilah sederhana. Postulat dilambangkan dalam istilah K, +, X, dimana K adalah himpunan yang tidak ditentukan (sepenuhnya sembarang, tanpa makna implisit atau maksud yang terdapat pada postulat tersebut) elemen-elemen a, b, c, …, dan a + b serta a x b (dapat disingkat ab) adalah hasil dari dua operasi biner yang tidak ditentukan, +, X (“biner” karena setiap operasi +, X berlaku sebesai dua elemen dari K).

Apabila akan kita telusuri, maka ide dari George Boole akan terangkum pada 10 postulat yang bisa dikategorikan pada 8 Kategori, diantaranya adalah :

1. a. Jika ada a dan b, berada pada himpunan K, maka a + b termasuk himpunan dari K
1. b. Jika ada a dan b, berada pada himpunan K, maka ab termasuk pada himpunan K
2. a. Terdapat elemen Z maka a + Z =a berlaku bagi setiap elemen a.
2. b. Terdapat elemen U maka aU =a berlaku bagi setiap elemen a.
3. a. a+b = b+a
3. b. ab = ba
4. a. a+bc = (a+b) (a+c)
4. b. a(b +c) = ab+ac
5. bagi setiap elemen a terdapat elemen a’ maka a + a’ = U dan aa’ = Z
6. Terdapat minimal 2 elemen berbeda pada kelompok K