Gramedia Tarakan Tutup ?

0
1724
Toko Buku Gramedia Tarakan, Yang Berada di Lantai 2 Grand Tarakan Mall Terancam Tutup Per 1 April 2015 (run)
Toko Buku Gramedia Tarakan, Yang Berada di Lantai 2 Grand Tarakan Mall Terancam Tutup (run)
Toko Buku Gramedia Tarakan, Yang Berada di Lantai 2 Grand Tarakan Mall Terancam Tutup (run)

MBNews, Tarakan – Bagi Masyarakat Tarakan yang sudah terbiasa membaca dan membeli buku di Toko Buku Gramedia, nampaknya harus menelan pil pahit. Toko buku yang berada didalam naungan PT. Gramedia Asri Media (Kompas Gramedia Group) teranacam tutup untuk sementara waktu. Hal tersebut merupakan dampak dari sengketa Managemen Grand Tarakan Mall (GTM) yang belum berakhir, sehingga pihak Gramedia belum melakukan perpanjangan kontrak sewa tempat, yang selama ini sudah digunakan oleh Toko Buku Gramedia dilantai 2 GTM.

Darwanto Store Manager Gramedia Tarakan kepada merahbirunews.com mengatakan, pihak managemen Gramedia pusat dengan managemen GTM Tarakan masih melakukan negosiasi, agar kedua belah pihak menemukan jalan keluar yang tidak merugikan Gramedia maupun pengelola GTM.

“Belum bisa menjelaskan secara rinci inti permasalahan yang terjadi. Dan sekarang kedua belah pihak masih melakukan negosiasi agar Gramedia tidak tutup.” Jelas Darwanto, Sabtu (28/03/2015)

Ketika ditanya kerugian apa jika nantinya Gramedia harus tutup ?, Darwanto mengungkapkan, jika Gramedia tutup masyarakat Tarakan dan Kalimantan Utara (Kaltara) umumnya akan kehilangan tempat bacaan serta refrensi buku.

“Tidak bisa kita pungkiri, jika tutup masyarakat kehilangan tempa membaca ataupun mencari refrensi buku, sedangkan untuk financial bagi perusahaan bukan merupakan persoalan, namun kehadiran kami (Gramedia) untuk masyarakat.” Ungkapnya.

Alasan Darwanto cukup masuk akal, mengingat saat ini masyarakat Tarakan dan Kaltara umumnya cukup terbantu dengan adanya toko buku Gramedia, disamping toko buku lainnya. Masyarakat pelu berangkat ke luar kota untuk mencari buku bacaan, cukup dengan berkunjung ke Gramedia yang ada di Tarakan sudah bisa memenuhi hasrat masyarakat mencari buku yang diinginkan.

Darwanto selaku store manajer Gramedia Tarakan  beharap persoalan yang saat ini tengah terjadi cepat diselesaikan. “Mudahan persoalan ini cepat diselesaikan, kalau memang harus tutup ya tutup. Karena kami disini juga tidak bisa berbuat apa-apa, kan yang mempunyai wewenang  penuh itu ada di pusat.”Tegas Darwanto.

Dengan adanya isu Gramedia akan ditutup ini cukup mengejutkan banyak pengunjung GTM, seperti Nuraini (28) warga Tarakan yang tinggal di Jl.Akibalak mengaku sangat sedih jika toko buku Gramedia harus tutup untuk selamanya.

“Gramedia merupakan satu-satunya toko buku yang paling lengkap ,sehingga apabila toko buku Gramdia sampai ditutup sudah pasti dirinya akan merasa kesulitan dalam mencari buku untuk referensi.” Ucap Nuraini dengan nada sedih.

Selaku warga Tarakan dirinya berharap toko buku Gramedia tidak tutup, jikapun ada persoalan untuk bisa diselesaikan dengan cara yang baik. (mei/run)