Harga Jual Minyak Dunia Terjun Bebas, BBM Jenis Pertamax Turun Harga

0
934
Ilustrasi (kontraktorspbu.com)
Ilustrasi (kontraktorspbu.com)

MBNews, Harga Jual Minyak Dunia Terjun Bebas, BBM Jenis Pertamax Turun Harga. Berbanding terbalik dengan BBM bersubsidi sebelumnya premium yang mengalami kenaikan, harga BBM non subsidi pertamax justru malah turun harga terkait terjun bebas nya harga minyak dunia hingga di bawah US$ 80/barel. Saat ini harga jual minyak dunia terjun bebas hingga di bawah US$ 80/barel. Mekanisme penjualan pertamax mengikuti harga pasar karena BBM jenis ini tergolong BBM non subsidi.

Dengan turunnya harga jual pertamax, maka selisih harga jual dengan BBM subsidi premium tidak terlalu jauh. Pasca kenaikan harga BBM subsidi 17 November 2014 silam, harga BBM subsidi jenis premium naik Rp 2.000/liter dari Rp 6.500/liter menjadi Rp 8.500/liter. Sedangkan harga jual pertamax sekarang Rp 9.950/liter.

Disparitas harga yang tipis ini bisa saja menjadi pemicu naiknya konsumsi pertamax. Oleh karena itu Pertamina sudah mengantisipasi dengan menyiapkan stok tambahan pertamax.

“Pertamina sudah siapkan stok pertamax untuk 50 hari ke depan,” ungkap Vice President Corporate Communications PT Pertamina (Persero) Ali Mundakir.

Selain itu beberapa persiapan lain juga dilakukan Pertamina seperti memperbanyak nozzle pertamax di SPBU. Cara itu dilakukan untuk meminimalisir jumlah antrean kendaraan bermotor yang cukup panjang.

“Ini salah satu strategi Pertamina agar masyarakat bisa beralih ke pertamax tidak lagi premium,” tutupnya.(detik/XYD)