Inilah Cara Menggunakan Masker Bedah Hijau Yang Tepat Untuk Pencegahan Dampak Kabut Asap

0
8595
Inilah Cara Menggunakan Masker Bedah Hijau Yang Tepat Untuk Pencegahan Dampak Kabut Asap
Inilah Cara Menggunakan Masker Bedah Hijau Yang Tepat Untuk Pencegahan Dampak Kabut Asap
Inilah Cara Menggunakan Masker Bedah Hijau Yang Tepat Untuk Pencegahan Dampak Kabut Asap
Inilah Cara Menggunakan Masker Bedah Hijau Yang Tepat Untuk Pencegahan Dampak Kabut Asap

merahbirunews.com, Inilah Cara Menggunakan Masker Bedah Hijau Yang Tepat Untuk Pencegahan Dampak Kabut Asap. Pembakaran hutan oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab menyebabkan penyebaran asap yang sangat mengganggu dan meresahkan kesehatan masyarakat sekitar. Seperti diketahui, kabut asap mempunyai dampak yang buruk bagi kesehatan seperti iritasi pada mata ataupun infeksi saluran pernapasan yang dapat menyerang siapa saja dari mulai balita hingga yang sudah berusia lanjut.

Untuk mengurangi dampak dari kabut asap tersebut, diharapkan jika melakukan aktifitas diluar rumah menggunakan masker sebagai penutup hidung dan juga kaca mata untuk melindungi mata dari dampak kabut asap ataupun debu jalanan. Di masyarakat sudah sering dijumpai dan digunakan yaitu jenis masker bedah (surgical mask), dinamakan masker bedah karena sering digunakan oleh dokter atau petugas medis lainnya dalam melakukan operasi maupun tindakan medis kepada pasien. Ciri yang utama yaitu, mempunyai dua sisi warna yaitu hujau dan putih. Namun, penggunaan masker bedah hijau putih untuk pencegahan dampak kabut asap sering terjadi perdebatan antara masker yang dibalik (bagian putih di luar) ataupun sebaliknya (bagian putih di dalam). Untuk itu, berikut Cara Menggunakan Masker Bedah Hijau Yang Tepat Untuk Pencegahan Dampak Kabut Asap yang kami kutip melalui salah satu situs Dinas Kesehatan dinkes.inhukab.go.id/?p=2736.

Masker ini didesain sangat sederhana sehingga hanya dapat menjaga percikan cairan saat batuk atau bersin tetapi kurang efektif untuk menyaring partikel asap maupun polutan yang dapat melewati celah pada sisi atas, bawah maupun samping masker ketika digunakan ataupun yang lolos melewati bahan penyaring masker yang tipis.

Masker ini sebenarnya kurang maksimal memberikan perlindungan ketika kabut asap, namun demikian masih tetap lebih baik daripada tidak memakai masker sama sekali. Akan tetapi bagi Ibu hamil, anak-anak, usia lanjut dan orang yang memiliki gangguan pada sistem pernafasan, sangat dianjurkan menggunakan masker respirator N95 dibandingkan masker jenis ini ketika kabut asap.

Perlu diingat bahwa masker ini hanya boleh dipergunakan sekali pakai. Anda harus menggantinya dengan yang baru ketika sudah mulai kotor atau berdebu. Beberapa sumber menyatakan bahwa masker ini hanya efektif dipergunakan 3-4 jam pemakaian atau maksimal 1 hari.

Berikut langkah-langkah penggunaan masker biasa/bedah yang benar dikutip dari San Fransisco Department of Public Health:

Cara Menggunakan Masker Bedah Hijau Putih Untuk Mencegah Dampak Kabut Asap
Cara Menggunakan Masker Bedah Hijau Putih Untuk Mencegah Dampak Kabut Asap
  1. Sebelum menyentuh masker, cuci tangan Anda dengan air dan sabun atau hand sanitizer
  2. Ambil sebuah masker dan pastikan tidak ada noda kotoran atau lubang/sobekan pada setiap sisi masker.
  3. Tentukan sisi atas masker yang ditandai dengan adanya kawat hidung (nose piece) dan tempatkan pada bagian atas.
  4. Tentukan yang mana sisi luar dan sisi dalam masker, sisi luar biasanya ditandai dengan bagian yang berwarna (biasanya berwarna hijau) dan memiliki permukaan yang lebih kasar serta arah lipatan menghadap ke bawah, sedangkan sisi dalam biasanya berwarna putih dan memiliki permukaan yang lebih halus.
  5. Ikuti instruksi di bawah ini untuk berbagai tipe masker yang digunakan:
    Masker dengan karet telinga: gantung masker dengan melingkarkan karet pada setiap telinga.
    Masker dengan tali pengikat: Letakkan sisi atas masker pada batas atas hidung dan ikatkan tali bagian atas pada belakang atas kepala Anda.
  6. Tempelkan dan bentuk kawat hidung (nose piece) mengikuti lekuk hidung Anda.
  7. Jika menggunakan masker dengan tali pengikat, ikatkan tali bagian bawah pada belakang leher.
  8. Tarik bagian bawah masker sampai menutupi seluruh mulut dan dagu Anda.

Kembali diingatkan bahwa, penggunaan masker bedah hijau putih ini sebenarnya kurang maksimal memberikan perlindungan ketika kabut asap, namun demikian masih tetap lebih baik daripada tidak memakai masker sama sekali. Akan tetapi bagi Ibu hamil, anak-anak, usia lanjut dan orang yang memiliki gangguan pada sistem pernafasan, sangat dianjurkan menggunakan masker respirator N95 dibandingkan masker jenis ini ketika kabut asap untuk lebih mencegah terjadi penyakit akibat dampak kabut asap.