Inilah Keseruan Duta Sanitasi Kaltara Saat Sosialisasi Kampanye Edukasi di SD YADITRA
Hadiah PIN Duta Sanitasi yang diberikan kepada adik yang berani maju ke depan 🙂

Duta Sanitasi Kaltara mulai melakukan beberapa kegiatan sosialisasi dan kampanye edukasi di sekolah-sekolah, salah satunya di SD YADITRA Juata Permai Tarakan (11/11/2016). Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja pasca Duta Sanitasi melaksanakan Jambore Sanitasi 2016 di Jakarta Agustus lalu. Sosialisasi dan kampanye edukasi yang difasilitasi oleh Kepala Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Kalimantan Utara berlangsung lancar dan seru.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya terus mengupayakan target sanitasi layak 100 0 100 lewat para duta sanitasi dari generasi ke generasi.

Inilah Keseruan Duta Sanitasi Kaltara Saat Sosialisasi Kampanye Edukasi di SD YADITRA
Ketiga Duta Sanitasi Kaltara 2016 Mega, Febby dan Yuni di ruang kantor SDS YADITRA

Ketiga Duta Sanitasi Kaltara yang hadir menekankan pentingnya hidup sehat, limbah, drainase lingkungan dan sistem 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) sebagai solusi dalam menjaga lingkungan sekitar. “Untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat, kita bisa mulai dari hal terkecil, yaitu sampah di lingkungan sekitar. Mulai dari pemilahan sampah hingga sistem 3R,” ujar ketiga Duta Sanitasi Kaltara, Mega, Yuni dan Febby saat memulai sosialisasi di SD Yaditra, Jumat (11/11/2016).

Pentingnya menjaga lingkungan juga dilakukan dengan sistem 3R, yaitu Reduce, Reuse dan Recycle.

“Reduce : adalah kegiatan yang mengurangi sampah (membuang sampah yang terpakai), Reuse : adalah kegiatan yang menggunakan kembali sampah yang dapat digunakan Recycle : adalah kegiatan yang mengelola kembali (Mendaur Ulang) sampah,” Jelas Mega, salah satu Duta Sanitasi Kaltara.

Diharapkan para Duta Sanitasi dapat mengkampanyenakan kepada seluruh masyarakat agar memiliki kesadaran pentingnya sanitasi yang baik. “Harapannya untuk Duta Sanitasi, tetap semangat untuk membagikan ilmu pengetahuan bidang sanitasi kepada masyarakat di lingkungan sekitar agar masyarakat dapat menyadari bahwa sanitasi yang baik merupakan inti dari hidup yang sehat, bersih dan nyaman,” Ungkap Indi Oktaviani selaku Tenaga Ahli Bidang Duta Sanitasi.

Inilah Keseruan Duta Sanitasi Kaltara Saat Sosialisasi Kampanye Edukasi di SD YADITRA
Sesi yang paling ditunggu yaitu PHOTO BARENG.. tuh pada rebutan 😀

Di tengah acara sosialisasi, ketiga Duta Sanitasi juga mengajak para adik-adik siswa siswi SD YADITRA bernyanyi bersama dan berbagi keseruan dengan game-game yang berhubungan dengan materi yang diberikan. Kegiatan diakhiri dengan sesi photo bareng dengan adik-adik siswa siswi di SD YADITRA.