Jelang Berbuka Puasa, Dipastikan Arus Lalu Lintas Padat Merayap

0
366
kepadatan arus lalu lintas (run)
kepadatan arus lalu lintas (run)
kepadatan arus lalu lintas (run)

MBNews, Tarakan – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tarakan memastikan selama bulan ramadan akan terjadi peningkatan arus lalu lintas di beberapa ruas jalan yang ada di Kota Tarakan. Meningkatnya arus lalu lintas tersebut akibat adanya aktivitas masyarakat yang berburu takjil atau makanan untuk berbuka puasa disore hari.

“Kepadatan arus lalu lintas selama ramadan dapat kita temui dimana ada pasar ramadan, seperti markoni, sebengkok dan lingkas.” Kata Kepala Bidang Angkutan Darat Junaidi, Sabtu (28/06/2014)

Peningkatan arus lalu lintas untuk wilayah markoni jika diluar ramadan hanya 0,5 volume/kapasitas (v/c) ratio sedangkan dalam bulan ramadan mencapai 0,8 v/c ratio. Sedangkan untuk daerah sebengkok maupun lingkas diprediksi dari 0,76 v/c ratio saat menjelang berbuka puasa bisa mencapai 0,8 v/c ratio.

“Jika kepadatan mencapai 0,8 v/c ratio, maka dapat dipastikan daerah yang bersangkutan arus lalu lintasnya akan merayap.” Jelas Junaidi.

Walaupun arus lalu lintas dipastikan padat merayap pada saat sore hari selama ramadan, Junaidi memastikan petugas lalu lintas dari Dishub dan Satlantas Polres Tarakan pada jam tersebut akan diturunkan kelapangan untuk mengatur arus lalu lintas khususnya didaerah yang terjadi kepadatan arus lalu lintas. (RUN/HFA)