Tips Minum Air Putih 2-4-2 Cara Sehat Berpuasa

0
947
Ilustrasi Minum Air Putih
Ilustrasi Minum Air Putih
Tips Minum Air Putih 2-4-2 Cara Sehat Berpuasa
Ilustrasi Minum Air Putih
Ilustrasi Minum Air Putih

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, bulan yang diisi beragam amal soleh untuk mendapatkan banyak pahala seperti melaksanakan puasa dan menjalankan ibadah tarawih. Sayang jika dibulan puasa ini hanya diisi dengan hanya tidur dan bermalas-malasan. Nah, bagaimana agar puasa yang kita jalankan tetap membuat bugar bagi tubuh kita ? Tips minum air putih 2-4-2 mungkin bisa menjadi salah satu tips cara sehat berpuasa.

Seperti yang kami kutip melalui jpnn, Selain menghidangkan menu makananan untuk berbuka dan sahur dengan gizi yang seimbang. Minum yang cukup sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh saat puasa. Tujuannya adalah supaya saat bulan puasa tetap sehat, bugar dan dapat beraktivitas dengan baik.

“Pola makan yang berubah pada saat berpuasa dan hari raya mendorong tubuh kita melakukan penyesuaian. Orang tua harus dapat memastikan hidangan sahur dan buka dengan berpedoman pada gizi seimbang. Gizi tidak boleh kekurangan maupun berlebihan karena keduanya dapat menganggu kesehatan,” kata Dr dr Inge Permadhi, MS, SpGK, spesialis gizi klinik pada acara Buka Puasa Danone Indonesia di Pullman, Jakarta, Selasa (21/6)

Lebih lanjut, dr Inge menjelaskan, para orang tua dapat berpedoman pada “Piring Makananku” untuk menyediakan hidangan dari berbagai kelompok makanan yang berbeda, sehingga keluarga selalu memperoleh karbohidrat, lemak, protein, mineral, serat dan air yang cukup setiap sahur dan berbuka.

“Untuk porsi sekali makan, isi setengah piring dengan makanan pokok seperti nasi atau roti dan lauk-pauk. Penuhi setengah bagian lainnya dengan sayur yang dilengkapi buah-buahan. Batasi gula, garam dan minyak,” katanya.

Arif Mujahidin, Communications Director Danone Indonesia mengungkapkan, pihaknya telah berkomitmen untuk mendukung kesehatan melalui makanan. Selain menyediakan aneka produk-produk berkualitas tinggi, pihaknya secara berkesinambungan juga memberikan edukasi mengenai gizi seimbang danhidrasi kepada masyarakat.

Dalam seminar itu pula, Danone Indonesia juga mengkampanyekan 2-4-2. Yakni ajakan kepada masyarakat agar meminum air sebanyak dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka, dan dua gelas sebelum tidur. Nah bisa dicoba tuh tips cara sehat berpuasa dengan minum air putih yang cukup. Selamat berpuasa 😉