Kemensos siapkan 500 Konselor obati pengguna narkoba

0
267
Menteri Sosial Kofifah Indar Parawansa (hfa)
Menteri Sosial Kofifah Indar Parawansa (hfa)
Menteri Sosial Kofifah Indar Parawansa (hfa)

MBNews, Tarakan – Dampak penyalahgunaan narkotika yang tinggi di Indonesia membuat Kementrian Sosial lakukan banyak program penanggulangannya. Menurut Menteri Sosial Kofifah Indar Parawansa, Kemensos siapkan 500 konselor adiksi yang akan menangani rehabilitasi pengguna narkotika.

“Kita sudah mulai untuk memikirkan adanya konselor untuk lakukan rehab kepada pengguna narkotika yang ingin disembuhkan, peserta rehab ini akan memiliki kartu wajib lapor penyelahgunaan narkoba. Saya harapkan masyarakat tidak memiliki kartu tersebut,” Kata Kofifah saat lawatannya ke Tarakan, Sabtu (1/5/2015)

Tarakan yang merupakan wilayah perbatasan dengan negara tetangga dan memiliki alur pendistribusi penjualan narkoba yang tinggi. Untuk itu masyarakat di perbatasan wajib mengetahui jaringan mafia narkoba dan indikasi orang-orang yang terkena jeratan narkoba.

“Jika seseorang mencoba sekali saja dengan narkoba hal itu akan membuatnya ketagihan, saat ketagihan akan lakukan berbagai macam cara untuk dapatkan barang itu jadi tolong hal ini menjadi fokus perhatian,” harapnya

Indonesia bersama negara Asean sudah ingin mencetuskan rumah panti rehab nagi pengguna narkoba sejak tahun 1988 karena diprediksi insikasi penyalahgunaan narkoba sangat tinggi seperti saat ini, Untuk itu saat ini kemensos juga konsen untuk membangun panti-panti rehab bagi penyalahgunaan narkoba.

“Pemerintah sudah berkomitmen untuk memberantas narkoba, karena orang Indonesia setidaknya menghabiskan hampir Rp 63 Triliun uangnya untuk membeli Narkoba, luar biasa bukan? Untuk itu jika tidak ditangkal dengan berbagai macam cara, narkoba ini akan terus menjalar,” Lanjut Kofifah

Selain itu patut diperhatikan, para mafia juga lakukan berbagai macam cara merusak generasi bangsa dengan narkoba. Karena diketahui makanan ringan mulai dari kue brownies, dodol hingga yang terbaru yakni cookies sudah dimasukan narkoba.

Lalu bagaimana cara lainnya untuk menangkal masalah ini? Kofifah ingatkan kepada masyarakat untuk selalu memperhatikan kondisi anak-anaknya jangan sampai terkena gangguan secara fisik maupun psikis. Berikan anak-anak dengan pemahaman agama dan doa yang baik.

“Doa orang tua kepada anak-anak sangat diperlukan, karena dari doa yang baik setidaknya menangkal perbuatan yang jahat,” Pungkas Kofifah (hfa)