Guru SD merupakan hulu baiknya kualitas pendidikan

0
351
ilustrasi (google)
ilustrasi (google)
ilustrasi (google)

MBNews, Tarakan – Melalui hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2015, tenaga pendidikan yang ada wajib meningkatkan kualitasnya sehingga berpengaruh kualitas peserta didik yang ada di Tarakan maupun Kaltara. hingga saat ini masih banyak evaluasi-evaluasi yang wajib dilakukan untuk upaya peningkatan kualitas guru.

Menurut Dosen Universitas Borneo Tarakan DR. Muhammad Yunus, guru adalah hulu dari tercapainya pendidikan yang baik. Salah satu guru yang memiliki peran yang banyak yakni lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau PGSD.

“PGSD ini dinilai penting sebagai hulu dari terbentuknya kualitas pendidik yang baik, untuk itu kurikulum jurusan PGSD perlu ditingkatkan kualitasnya salah satunya di Universitas Borneo Tarakan.” Kata DR. Muhammad Yunus di Tarakan, Sabtu (2/5/2015)

Dalam Upaya peningkatan kualitas guru SD khususnya lulusan PGSD UBT, kerangka kurikulum yang dibuat melibatkan seluruh stakeholder dan komponen untuk memberikan informasi. Apa diajarkan kepada mahasiswa calon guru di mata kuliah yang ada di Jurusan PGSD dilihat apakah pengajaran yang dilakukan sudah baik apa tidak, Jika belum ada banyak hal yang perlu diperbaiki.

“Kita ingin mengetahui Kompetensi guru seperti apa yang diinginkan masyarakat dari lulusan Universitas Borneo Tarakan, misalnya kompetensi bidang keahlian tertentu yang berpengaruh dengan sosial geografis di wilayah perbatasan atau kompetensi bidang lainnya,” Lanjut Mantan kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaltara tersebut

Setelah pelaksanaan evaluasi dan penyusunan kerangka kurikulum selesai, langsung diterapkan kepada mahasiswa. Pada akhirnya Universitas inginkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan saat terjun langsung di dunia pendidikan akan didapatkan peserta didik yang dinginkan, sehingga kualitas pendidikan di Tarakan terutama Kaltara akan semakin baik. (hfa)