Minim Anggaran, Target 5 Sekolah Tuntas Pembangunannya Tahun Ini

0
392
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

MBNews, Tarakan – Walaupun dengan serba keterbatasan anggaran, persoalan pendidikan bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan tetap yang pertama diperhatikan. Hal itu dibuktikan dengan melanjutkan pembangunan beberapa sekolah yang sempat terhenti sejenak.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan Tarakan Rifhanie Hasanie mengatakan, Walikota Tarakan Ir.Sofian Raga,M.Si telah merekomendasikan 10 sekolah untuk dilanjutkan kembali pembangunannya pada tahun ini, dari 10 sekolah yang direkomendasikan tersebut 5 sekolah pembangunannya dituntaskan sebelum pergantian tahun 2015, dan 5 sekolah pembangunannya melalui proyek multiyears.

“Untuk tahun ini 5 sekolah kita tuntaskan pembangunannya, selanjutnya untuk pagar dan halaman sekolah dan lainnya dari sekolah tersebut menyusul ditahun berikutnya.” Jelas Rifhanie, kepada merahbirunews.com (04/03/2015).

Rifhanie membeberkan, dalam melanjutkan pembangunan ke 10 sekolah tersebut Disdik Tarakan sedikitnya memerlukan anggaran sebesar Rp.36 Milyard, sementara anggaran pembangunan sekolah dari APBD Tahun 2015 yang tersedia hanya berkisar Rp.17 Milyard.

“Karena anggaran kita terbatas pembangunan sekolah dijadikan 2 klasifikasi dengan pembagian ada yang dituntaskan tahun ini ada yang lewat Multiyers dengan menunggu persetujuan dari anggota DPRD Tarakan, sebab jika dilakukan pembangunan semuanya butuh anggaran sedikitnya 36 milyard.” Tegasnya.

Dilain sisi diakui Rifhanie, Walikota Tarakan Sofian raga bersama dengan Wakilnya Khaeruddin Arief Hidyat begitu peduli terhadap kemajuan pendidikan, bahkan untuk sekolah lainnya yang belum dibangun, ditargetkan harus dibangun pada tahun berikutnya

“Seluruh sekolah yang belum dibangunan nantinya menjadi target, dengan menyesuaikan anggaran yang ada, bahkan pembangunan sekolah di Tarakan minimal 3 lantai, hal ini dikarenakan lahan semakin tahun semakin padat pendudu, sehingga pembangunan sekolah mau berbentuk leter U atau leter L bukan persoalan dengan menyesuaikan kondisi tanah sekolah yang ada.” Tuntas Rifhanie

Untuk diketahui, adapun sekolah yang pembangunannya diselesaikan pada tahun ini :

SDN 019 Jembatan Bongkok, SDN 021 Kampung satu/SKIP, SDN 036 Kampung Baru, SMP Negeri 8, dan SMK Negeri I Tarakan.

Sedangkan sekolah yang pembangunannya diselesaikan melalui proyek Multiyer :

SDN 007 Mamburungan, SDN 030 Sebengkok Waru, SDN 034 Karang Harapan, SMP Negeri 4, dan SMA Negeri 2 Tarakan. (run)