Pasar Ramadan Pamusian Terlalu Jauh, Kelurahan Kampung Satu Bikin Pasar Ramadan

0
372
Pasar Ramadan Kampung Satu siap beroperasi (run)
Pasar Ramadan Kampung Satu siap beroperasi (run)
Pasar Ramadan Kampung Satu siap beroperasi (run)

MBNews, Tarakan – Jelang bulan suci Ramadan 1435 Hijriah/2014 Masehi, banyak cara dilakukan warga agar didaerahnya berdiri pasar ramadan, salah satunya adalah Kelurahan Kampung Satu.Warga yang tergabung didalam usaha kecil menengah (UKM), dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) membuka pasar ramadanhalaman Taman Kanak-Kanak ACI.

Lurah Kampung Satu Chaizir Zein,S.STP, Rabu (25/06/2014) mengungkapkan, pasar ramadan yang diadakan merupakan yang pertama kali. Sehingga dengan adanya pasar ramadan tersebut, diyakinkan mampu membantu kebutuhan warga.

“Biasanya setiap ramadan warga berbelanja kebutuhan berbuka puasa harus membelinya dipasar Pamusian, tentunya dengan hadirnya pasar ramadan di Kampung Satu, warga setempat bisa berbelanja makanan dan minuman ringan untuk menu buka puasa di pasar ramadan yang di Kampung Satu.” Kata Chaidir Zein.

Pasar ramadan tersebut memiliki jumlah lapak sebanyak 32 petak, dengan ukuran luas lapak atau tempat berjualan 2 x 1 meter, total anggaran pembangunan pasar ramadan mencapai Rp 3,2 juta.

“Anggaran pembangunan pasar ramadan dilakukan secara swadaya dengan dibantu kelurahan, bagi pedagang yang ingin menyewa dikenakan biaya Rp. 100 ribu.” Ungkap Chaizir Zein.

Agar tidak terjadi rebutan antar pedagang dalam menempati lapak atau wadah berjualan, akan dilakukan pengundian nomor lapak. Hal ini dilakukan agar sesama pedagang tidak saling rebutan tempat berjualan. (RUN/HFA)