Pemkot Tarakan Berencana Bangun SPBU Khusus Mobil Bergincu

0
416
Ilustrasi (mediabisnisdaily.com)
Ilustrasi (mediabisnisdaily.com)
Ilustrasi (mediabisnisdaily.com)

MBNews, Tarakan – Pemerintah kota Tarakan berencana membangun stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) khusus kendaraan pemerintah. SPBU yang dikhususnya untuk kendaraan berplat merah tersebut sangat penting keberadaannya, khususnya untuk mobil pemerintah yang bergerak dibidang pelayanan masyarakat seperti Ambulance, mobil pengangkut sampah, dan mobil pemadam kebakaran.

Walikota Tarakan Ir. Sofian Raga, M.Si mengatakan, penambahan SPBU sangat diperlukan. Selain SPBU publik (umum) diperlukan juga SPBU khusus mobil pemerintah. “Sudah saatnya penambahan SPBU di Tarakan, dan jika tidak ada halangan pembangunan SPBU khusus mobil pemerintah juga bisa dilakukan.” Jelas Ir.Sofian Raga, M.Si, Minggu (16/11/2014)

Sementara itu, Sales Representativ  (SR) Depo Pertamina Tarakan Benny S.M Hutagaol mengungkapkan, jika pemkot ingin membuat SPBU khusus mobil pemerintah hal tersebut sah saja, namun sebelum SPBU tersebut dibangun perlu dilakukan kajian.

“Sah saja jika Pemkot ingin membangun SPBU khusu mobil pemerintah, hal ini seperti TNI yang memiliki Stasiun Pengisian Bahan Tentara (SPBT), namun perlu kajian terlebih dahulu.” Terang Benny S.M Hutagaol.

Benny menjelaskan, pembangunan SPBU khusus mobil bergincu tersebut tetap harus mengikuti aturan seperti harus dikelola oleh Badan Usaha sebab ini berkaitan dengan ekonomi, ditambah dengan tipe SPBU yang akan dibangun.

“SPBU khusus mobil dinas tetap harus dikelola secara profesional seperti dikelola oleh badan usaha dan ini tentunya yang mengelola adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta jenis atau tipe seperti apa SPBUnya, karena ini khusus mobil pemerintah kemungkinan bisa tipe E yakni jenis SPBU kecil.” Ungkapnya.

lanjut Benny, Jika memang pemkot serius membangun SPBU khusus mobil dinas bisa melakukan permohonan dan melakukan pembicaraan dengan pertamina pusat, dan jika nantinya disetujui Tarakan merupakan kota pertama yang memilik SPBU khusus mobil pemerintah. (fir)