Penumpang Speed Jurusan Tarakan – Bulungan Meningkat

0
489
Ilustasi
Ilustasi
Ilustrasi

MBNews, Tarakan – Meningkatnya penumpang kapal speed boat jurusan Tarakan – Bulungan,di Pelabuhan Tengkayu I / SDF, membuat Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai dan Penyebrangan (Gapasdap) Tarakan berencana menambah jadwal keberangkatan.

Kabid Perhubungan Dishub Tarakan Widodo membenarkan jika Gapasdap berencana untuk menambah jadwal keberangkatan speed regular jurusan Tarakan – Bulungan. Lanjutnya, Gapasdap sendiri sudah mengusulkan permohonan tersebut, dan sudah di tindak lanjuti dengan menggelar rapat antara Gapasdap dengan Dishub, membahas permohonan penambahan jadwal keberangkatan speed regular jurusan Tarakan-bulungan.

“Gapasdap  mengusulkan permohonan penambahan jadwal keberangkatan speed regular dari Tarakan ke Bulungan dan sebaliknya pada pukul 16.30 Wita, sebab pengguna jasa jurusan ini terus meningkat,” ucap Widodo, Kamis (4/6/2015)

Lanjut Widodo, menanggapi ke inginan Gapasdap, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tarakan belum bisa menyetujinya, sebab jika armada speed boat penumpang jurusan Tarakan – Bulungan di tambah sangat rawan kecelakaan.

“Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tarakan menilai hal tersebut sangat tidak dimungkinkan, karena rawan kecelakaan dan jika terjadi kecelakaan penanganannya akan sangat sulit,”Ungkap Widodo

Walaupun KSOP masih belum sependapat dengan penambahan armada yang di inginkan Gapasdap, dari hasil rapat yang telah digelar, Dishub merekomendasikan usulan penambahan jadwal kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, untuk di kaji dan di tindak lanjuti.

“Dalam penambahan jadwal keberangkatan ini sudah melalui aturan dan prosedur yang ada, dengan mengumpulkan data keberangkatan, kemudian kami lakukan evaluasi, apabila peningkatan penumpang di atas 65 persen maka akan di lakukan penambahan jadwal keberangkatan,” tuntasnya (ctr/nur)