Peringati May Day, Organisasi Mahasiswa dan Buruh Gelar Aksi Damai

0
417
Ilustrasi
Ilustrasi

MBNews, Tarakan – Ratusan Mahasiswa yang tergabung dalam beberapa organisasi Kemahasiswaan melakukan aksi damai memperingati hari buruh Internasional (May Day) di sekitar simpang 4 Grand Tarakan Mall (GTM), Jumat (1/05/2015). Aksi yang dimulai sekitar pukul 16.00 Wita, cukup menarik perhatian pengguna jalan yang melintas di perempatan GTM.

Teguh Kordinatoor Lapangan aksi damai kepada merahbirunews.com mengatakan, dalam aksi gabungan ini dilakukan oleh 5 organisasi Mahasiswa diantaranya Pembebasan, Gerakan Pemuda Patriotik Indonesia, Himpunan Mahasiswa Islam, UKM Pers Universitas borneo, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi serta satu organisasi serikat buruh sejahtera Indonesia.

“Aksi damai gabungan yang dilakukan ini, menuntut 7 point tentang kesejahteraan buruh yang hingga saat ini belum dilaksanakan, diantaranya Tegakkan UU No.13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, BPJS, perlindungan terhadap buruh migran, serta hapuskan sistem outsourching,” jelas Teguh.

Menurut Teguh, selain itu pada kesempatan aksi damai dalam memperingati May Day, pihaknya meminta agar di percepat pembentukan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) di Kalimantan Utara.

“Kami juga melakukan long march dengan melewatin Mulawarman, kemudian, Jalan jendral Sudirman, dan Jalan Kusuma Bangsa,”Pungkasnya (ctr/nur)