Rencana Pembangunan Kandas, Lapas Over Kapasitas

0
261
Lapas Kelas II A Tarakan
Lapas Kelas II A Tarakan Over Kapasitas
Lapas Kelas II A Tarakan Over Kapasitas

MBNewd, Tarakan – Banyaknya jumlah warga binaan (narapidana) di lembaga pemasyarakatan kelas II A Tarakan, serta ditambah dengan minimnya ruangan atau blok, menjadikan lapas Tarakan over kapasitas.

Kepala Bimbingan, Pembinaan dan Pendidikan Lapas Kelas 2 Tarakan Zainal Bintang mengatakan, untuk warga binaan dari data terkahir  tertanggal 1 Juli 2015 sebanyak 683 orang. Dari jumlah tersebut dibagi atas 164 orang tahanan, serta 519 orang napi.

“Over kapasitas lapas Tarakan, total keseluruhan napi dan tahanan 683 orang,” jelas Zainal, Jumat (10/7/2015).

Dijelaskan, Untuk penghuni lapas lebih didominasi perkara narkoba sebanyak 309 orang, asusila 4 orang, Perjudian 13 orang, Pembunuhan 22 orang, penganiayaan 23 orang, pencurian 23 orang, perampokan 18 orang, penggelapan 11 orang, penipuan 6 orang, penadahan 1 orang, kepabeanan 3 orang, sajam atau senpi atau handak 14 orang, perlindungan anak 98 orang, KDRT 10 orang, Gar Lantas 5 orang, pornografi 1 orang, perikanan 4 orang, Pembalakan liar 6 orang,  lain-lain 10 orang.

kemudian jika menurut usia dewasa laki-laki sebanyak 617 orang, dewasa perempuan 50 orang, anak laki-laki 14 orang,  anak perempuan 2 orang, sedangkan jika menurut kewarganegaraan dari Indonesia 681, selain itu warga negara asing dari Malaysia 3 orang, dan Filipina 6 orang,” ucapnya.

Menurut Bintang, pihaknya sudah melakukan upaya-upaya agar ada penambahan rutan pada 2014 untuk di realisasikan di 2015, namun sayangnya rencana tersebut tidak disetujui.

over kapasitas ini terjadi di lapas Tarakan khususnya pada rutan block Delta yang dihuni oleh warga binaan yang tersangkut narkoba, sementara untuk wacana pembangunan rumah tahanan seperti di beberapa wilayah Kalimantan timur belum bisa di realisasikan dalam waktu dekat ini karena sulitnya mencari lahan, namun diperkirakan apabila sudah ada Kakanwil di Kalimantan utara bisa saja nanti akan di bangun rutan, puntas Bintang (ctr/nur).