Selama lebaran layanan data seluler jadi primadona

0
260
Ilustrasi (tribun)
Ilustrasi (tribun)

MBNews, Pengguna telekomunikasi seluler memperlihatkan ketergantungannya terhadap layanan data yang disediakan operator. Terbukti, beberapa operator mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan.

Dilansir dari keterangan resmi Telkomsel, Minggu, 19 Juli 2015, pada malam takbiran 2015, perusahaan mengklaim mengalami kenaikan trafik data sampai 130 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2014. Kemudian kenaikan yang signifikan terjadi lagi di Hari Raya Idul Fitri 1436 H, yakni sebesar 140 persen, menjadi 1,5 juta Giga Byte, jika dibandingan dengan periode yang sama di 2014.

Adapun kenaikan data yang sangat signifikan masih terkonsentrasi di area Jawa Bali (Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara, dan Bali) yang merupakan destinasi utama mudik dan daerah wisata. Kenaikan penggunaan data di daerah tersebut terpantau hingga lebih dari 166 persen menjadi sekitar 432 ribu Giga Byte, disusul dengan area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan) dengan kenaikan hingga 155 persen menjadi sekitar 307 ribu Giga Byte dibandingkan dengan periode yang sama di 2014.

Sementara, XL Axiata melalui keterangan resminya, mencatat pelanggannya tampaknya sudah ‘mengabaikan’ pemakaian layanan SMS dan telepon. terbukti dengan kenaikan sekitar 11 persen dibanding trafik data hari biasa. Sementara bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada momen yang sama, kenaikan trafik data meningkat 41 persen dari Lebaran 2014 kemarin.

XL melihat, ada pergeseran kebiasaan pelanggannya dalam berkomunikasi. Pemakaian layanan percakapan telepon (voice) dan SMS berkurang. Dibandingkan trafik pemakaian di hari-hari biasa, tercatat penggunaan layanan voice turun hingga 35 persen dibanding hari-hari biasa, sedangkan untuk SMS turun hingga sekitar 40 persen.

Operator Hutchison 3 Indonesia (H3I) mengklaim terjadi peningkatan trafik pada semua layanan, khususnya lonjakan signifikan layanan data yang meningkat 126 persen dibandingkan Idul Fitri tahun lalu, atau 22 persen dibanding hari biasa. Namun demikan, Tri mampu melayani pelanggan tanpa kendala yang berarti.

Untuk layanan data, Tri telah meningkatkan kapasitas jaringan untuk mampu menampung lonjakan trafik data hingga 30 persen. Untuk hari biasa di luar Ramadhan, trafik data yang ditampung oleh jaringan Tri mencapai lebih dari 1,200 TB (Tera Byte) per hari. (viva.com/hfa)