Speedboat Kecil Ke Tanjung Selor Kebanjiran Penumpang

0
650
speedboat kecil yang wajib mengutamakan alat keselamatan penumpang (hfa)
Calon penumpang speedboat kecil yang akan berangkat (hfa)
Calon penumpang speedboat kecil yang akan berangkat (hfa)

MBNews, Tarakan – Banyaknya calon penumpang tujuan Tanjung Selor yang kehabisan tiket speedboat reguler, operator speedboat kecil terkena imbas. Membludaknya penumpang akibat masa liburan sekolah dan kantor selesai tersebut, membuat operator speedboat kecil dengan kapasitas maksimal 25 penumpang memberangkatkan hampir 10 speedboat hingga pukul 16.00 sore dengan tujuan Tanjung Selor.

“Iyah hari ini kita memberangkatkan hampir 10 speedboat karena calon penumpang banyak yang kehabisan tiket speedboat reguler, jadi mau tidak mau memakai speedboat kecil.” Ujar Anwar Operator speedboat kecil kepada MBNews Minggu (4/1/2015).

Untuk harga tiket dengan tujuan Tanjung Selor sama dengan harga speedboat reguler yakni Rp. 130.000/Orang. Sementara untuk sistem pembeliannya petugas akan mendata calon penumpang terlebih dahulu, jika sudah memenuhi kuota yakni 25 orang, calon penumpang akan dipanggil untuk membayar tiket lalu dipersilahkan masuk ke dalam speedboat.

“Hari ini betul-betul banyak penumpang akibat libur mau usai, kami juga sempat kewalahan, karena biasanya kami hanya memberangkatkan 3 hingga 5 speedboat saja di hari biasa.” Kata Anwar

Walaupun mengunakan speedboat kecil, calon penumpang diminta tidak takut karena operator sangat memperhatikan keselamatan penumpang, karena di setiap speedboat sudah memiliki pelampung keselamatan untuk penumpang.

“Bahkan kita punya manifest (data penumpang, red) dan asuransi bagi penumpang kemudian kami laporkan kepada syahbandar. Jika tidak diizinkan berlayar kami juga menuruti regulasi, keselamatan penumpang menjadi prioritas” Kata Anwar

Sementara itu dari pantauan MBNews, banyak calon penumpang speedboat kecil tersebut adalah pegawai PNS Kaltara yang akan masuk kerja Senin (5/1/2015) besok. Beberapa diantaranya adalah pejabat Eselon IV hingga Eselon III

“Habis libur panjang nih, besok sudah masuk kerja, soalnya hari pertama di tahun 2015, biasanya ada apel dan sidang.” Ujar salah satu Pejabat PNS tersebut (hfa)