IMG_2049Merahbirunews.com-Tarakan. Gemar traveling dan berburu makanan Jepang sudah menjadi hobi dari pemuda yang bernama Dedet Wira Kusuma. Salah satu makanan Jepang favoritnya yaitu Takoyaki. Takoyaki berasal dari daerah Kansai, Jepang. Terbuat dari tepung terigu dengan bentuk khas bola-bola kecil berdiameter 3-5 cm.Di Jepang, isi dari takoyaki bisa berupa potongan gurita. Dihidangakan dengan tambahan Katsuobushi (makanan awetan berbahan baku ikan cakalang yang sudah diserut) dan saos pilihan sesuai selera serta serbuk nori (rumput laut kering).

Mengingat jajanan ini masih minim untuk daerah Tarakan, Dedet termotivasi belajar cara membuatnya. Untuk daerah Tarakan sulit mendapatkan gurita. Hal inilah yang membuat Dedet mengganti isi takoyakinya dengan keju, sosis, udang dan juga cumi. Bersama Ayahnya, tepat pada tanggal 7 Januari 2016 ia menjalankan bisnis ini dengan nama produk Deweka Tako. Setiap harinya dari pukul 17.00-22.00 ia berjualan di daerah Taman Oval Markoni, tepat di depan kantor kelurahan pamusian.

IMG_2051

Dedet berencana memperluas area dagangannya. Dalam waktu dekat ini akan ada 1 konter Deweka Tako baru buka di daerah jalan Jend.Sudirman. Dedet berharap jajanan ini bisa diterima dan disukai masyarakat Tarakan dan kedepannya bisa pula buka cabang di daerah Kaltara seperti Nunukan, Malinau, dan sekitarnya.

Untuk harga kamu tak perlu khawatir. Cukup membayar IDR 12.000 / porsi, kamu sudah bisa membawa pulang 5 bola-bola takoyaki. Untuk pemesanan, kamu dapat menghubungi 085247279396 – Dedet Wira Kusuma. Ayo buruan dipesan, Arigatougozaimasu.