Tamasya Keliling Maumere, Ga Mu Ma Fire

0
17
Pantai Koka, Maumere
Pantai Koka, Maumere (foto: Instagram/@soogiono)
Pantai Koka, Maumere
Pantai Koka, Maumere (foto: Instagram/@soogiono)

Mau tau jelajah wisata mana saja yang wajib kamu kunjungi saat berada di Maumere, Nusa Tenggara Timur? Mau lihat kilaunya air biru laut disana? Atau ingin icip-icip kuliner khas Maumere? Aladin, disini nih tempatnya kamu mencari tempat-tempat kece.

Maumere berasal dari dua kata Ende yaitu Mau yang berarti pelabuhan dan Mere yang berarti besar. Berkat lagu daerah yang berjudul Ga Mu Ma Fire, termasuk salah satu kepulauan gugus pantai menjadi terkenal berkat irama nya yang membuat orang bergoyang. Dan ingin berkunjung kesana melihat seni, tempat wisata, dan makanan khas Maumere. Utamanya menarik perhatian wisatawan asing. Mereka sudah mendengar adanya tempat wisata yang menarik serta budaya yang mereka miliki juga unik.

Jika kamu ingin menjalajahi dan mendapatkan pengetahuan tentang keindahan budaya suka etnis Maumere bolehlah berkunjung ke desa yang satu ini. Ini termasuk paket tour wisata murah dari Nusa Tenggara Timur

Desa Doka

Tepi utara pulau Flores ini terdapat desa dengan segala keberagaman kultur budaya. Pemandangan bukit yang menawan. Perjalanan menuju desa, jalan menaiki bukit yang menjadi ranah pepohonan. Juga kamu bisa mengaksesnya memakai angkutan umum berwana oranye. Masyarakat desa, khususnya wanita melakukan kegiatan sehari-sehari dengan menenun selembar kain. Kamu yang datang ke desa akan mendapat sapaan hangat melalui tarian caci, tarian keceriaan, dengan menggunakan kostum kain ikat dengan mayoritas warna hitam. Kain tersebut juga digunakan untuk melindungi dari peperangan. Bagi yang tertarik membawa pulang hasil tenun ada toko yang menjajahkan hasil karya wanita Maumere, dijual dengan harga dari Rp 250.000-, hingga Rp. 2.000.000-, Dan jangan menawar terlalu miring, ingat ini hasil karya.

Museum Bikon Blewut

Di dalam museum ini terdapat kisah sejarah yang berhubungan dengan kota Flores. Lumayan menambah ilmu sejarah wilayah kepulauan Indonesia. Keberadaan museum cukup penting karena merupaka tempat penilitian ilmu Filsafat Katolik terbesar di Nusa Tenggara. Menyimpan benda-benda artefak dan fosil-fosil manusia purba. Museum yang didirikan oleh misionaris bernama Pastor Theodor Varhoeven. Artefak didapatkannya dari hasil penggalian di goa-goa.

Sudah cukup dengan wisata edukasi tentang kebudayaan Maumere, nah tempat wisata alam ini juga sudah enggak boleh dilewatkan ya!

Pantai Koka

Pasir pantainya yang putih dan bersih serta tebing-tebing yang memagari tepian laut. Sekilas mirip tanjung Aan yang berada di Lombok. Ombaknya yang bersahabat juga cocok untuk bermain air bersama teman atau keluarga. Hati-hati bagi kalian yang berenang hampir ke tengah laut, disana terdapat ular-ular laut  loreng yang mematikan ini tak biasa namun tidak berbisa bisa membuat kamu was-was. Tidak usah khawatir dengan keberadannya, kalian tetap bisa menikmati keindahannya hanya dengan berfoto-foto di tepi pantai.

Bukit Nilo

Merupakan tempat wisata rohani bagi umat katolik. Di puncak bukit yang tedapat patung besar bunda Maria. Biasanya mereka melakuan wisata ziarah di bukit ini. Patung ini dibangun oleh Tarekat Pasionis yang bekerja sama dengan umat Katolik di sana. Almarhum Uskup Agung Ende Mgr. Abdon Longinus da Cunha memberkati dan membukanya secara resmi sebagai tempat ziarah pada 31 Mei 2005.