Tetap Belajar, Meski Tanpa Meja Dan Kursi

0
577
Foto oleh : Man Rudi
Foto oleh : Man Rudi
Foto oleh : Man Rudi

2 kelas di SMP Negeri 1 di Desa Atap Kecamatan Sembakung, Nunukan sejak beberapa minggu terakhir belajar tanpa menggunakan meja dan kursi sebagaimana mestinya. Apapun yang menjadi penyebab hal ini, seharusnya Negara yang diwakili oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bisa langsung memberikan respon.

Kondisi ini tentu saja tak bisa dibiarkan berlama-lama. Sebab proses belajar mengajar yang tidak didukung suasana nyaman dan kondusif tentulah tidak akan mampu mencapai hasil maksimal dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Pemerintah dalam hal ini Negara seharusnya memberikan perhatian lebih di wilayah-wilayah yang secara geografis sulit dijangkau, baik oleh informasi maupun pengetahuan, karena itu seyogyanya kebijakan khusus di bidang pendidikan harus segera diambil, baik oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara maupun Pemerintah Kabupaten Nunukan.

Sukma  Ditulis oleh : Sukma Ardiansyah (Aktivis)