Tips Menjaga Makanan Di Kulkas Tetap Awet dan Segar Saat Mati Listrik

0
582

MBNews, Tips Menjaga Makanan Di Kulkas Tetap Awet dan Segar Saat Mati Listrik. Tips ini sangat berguna disaat seperti ini di berbagai kota di Indonesia, khususnya Tarakan yang juga kena dampak sering mati listrik untuk menjaga makanan yang telah disimpan di lemari pendingin (kulkas) bisa tetap awet dan segar selama mati listrik.

Makanan
Makanan (google)

[coloum_row][coloum_one_half]

1. Jangan buka lemari es

Saat aliran listrik sedang mati, sebaiknya jangan sering-sering membuka kulkas ataupun freezer. Hal ini dapat menyebabkan suhu di dalam kulkas lebih cepat turun. Jika Anda tidak membuka pintu kulkas, maka untuk menjaga makanan di kulkas dapat hingga 4 jam, untuk freezer setengah penuh 24 jam dan 48 jam jika freezer penuh.

.[/coloum_one_half][coloum_one_half]

2. Isi dengan es batu

Es batu kering atau biasa disebut dengan biang es atau dry ice dapat menjaga suhu kulkas. Akan tetapi jika pemadaman listrik berlangsung lama, sebaiknya keluarkan produk susu dan daging agar tidak terendam air es yang mencair.

[/coloum_one_half][/coloum_row]

[coloum_row][coloum_one_half]
3. Cek suhu

Termometer dapat membantu Anda menentukan keamanan pangan. Jika produk yang didinginkan masih di bawah 4 derajat celsius maka masih aman untuk diolah. Jangan lupa menutupi kulkas dengan handuk agar suhunya tetap terjaga.
[/coloum_one_half][coloum_one_half]

4. Perhatikan bahan makanan

Agar lebih awet, ada beberapa makanan yang dapat Anda simpan dikulkas rumah walaupun suhu sedang turun. Bahan makanan ini salah satunya adalah margarin, buah segar, pancake, sayuran segar dan jamur. Untuk bahan makanan seperti daging sebaiknya dinginkan suhu dengan menambahkan es batu.

[/coloum_one_half][/coloum_row]

[coloum_row][coloum_one]

5. Olah makanan agar awet

Saat kulkas mati dan harus memasak, Anda dapat memasak makanan yang diolah dengan dengan bumbu seperti tomat, mustard, jelly, selai dan kecap karena bahan bumbu ini dikenal dapat menghasilkan rasa umami sekaligus mengawetkan makanan secara alami.

[/coloum_one][/coloum_row]

Itulah beberapa tips yang dapat dicoba untuk menjaga makanan dalam kulkas menjadi awet dan segar jika terjadi mati listrik di tempat kalian. (detikfood/XYD)