UB Tarakan Siap Tampung Ribuan Mahasiswa Baru

0
377
Gedung Rektorat UB Tarakan (infotarakan.id)
Gedung Rektorat UB Tarakan (infotarakan.id)
Gedung Rektorat UB Tarakan (infotarakan.id)

MBNews, Tarakan – Sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Universitas Borneo (UB) Tarakan patut bangga, sebab mayoritas mahasiswa yang menimba ilmu di UB Tarakan berasal dari berbagai daerah yang ada di Kalimantan Utara (Kaltara), di tambah mahasiswa dari luar Kaltara.

Kepala Biro akademik kemahasiswaan dan kerjasama UB Tarakan Patria Julianto mengatakan,  melihat banyaknya warga di daerah Kaltara yang memasukan anaknya untuk kuliah di UB Tarakan, menandakan Universitas ini masih dipercaya sebagai wadah pendidikan tinggi, ditengah persaingan Perguruan Tinggi lainnya.

“Mayoritas mahasiswa di UB Tarakan berasal dari daerah Kaltara,” ungkap Patria, Minggu (31/5/2015).

Lanjutnya, berdasarkan data tahun 2014  dapat di klasifikasikan jumlah mahasiswa berdasarkan asal daerah. Untuk mahasiswa asal Tarakan sebanyak 588 orang, dilanjut dengan mahasiswa dari Nunukan 178 orang, Bulungan 120 orang, Malinau 54 orang, dan di tutup dengan Kabupaten Tana Tidung 52 orang.

“Mahasiswa asal Tarakan masih mendominasi, disamping daerah lainnya seperti Nunukan, Bulungan, Malinau dan KTT,” jelasnya.

Menurut Patria, dari masing-masing daerah tersebut secara keseluruhan total mahasiswa Kaltara sebanyak 992 orang. Selain masih di dominasi mahasiswa daerah yang ada di Kaltara, mahasiswa dari daerah lain di luar Kaltara termasuk banyak menimba ilmu di satu-satunya PTN yang berdekatan dengan perbatasan Tawau Malayasia ini.

Untuk mahasiswa asal Kalimantan Timur sebanyak 39 orang, Kalimantan Tengah 1 orang, Jawa Barat 17 orang, Jawa Tengah 2 orang, Yogyakarta 2 orang, Nusa Tenggara Timur 3 orang, Sulawesi Barat 1 orang, Sulawesi Tengah 2 orang, Sulawesi Selatan 35 orang, Sulawesi Tenggara 3 orang, Sulawesi Utara 1 orang, Sumatera Barat 1 orang, Sumatera Selatan 1 orang, Sumatera Utara 9 orang, Sumba Timur 1 orang, dan Lampung 1 orang.

“Secara total keseluruhan masiswa yang menimba ilmu di UB Tarakan berdasarkan data 2014 mencapai 1.113 mahasiswa, selain dari Kaltara dari daerah lain seperti Sulawesi, Jawa juga ada yang kuliah di UB,”bebernya.

Pada saat di tanya, melihat letak kampus UB Tarakan berada di daerah perbatasan antara Kalimantan Utara dengan Negara serumpun Malaysia, apakah ada warga asal Tawau Malaysia yang menjadi mahasiswa di UB Tarakan, Patria memastikan untuk mahasiswa dari luar negeri belum pernah ada mendaftar atau terdaftar sebagai mahasiswa UB Tarakan.

“Kalaupun ada mahasiswa dari luar negeri yang mendaftar di UB Tarakan, berkasnya pasti kami terima dan diproses, namun sebelumnya harus memenuhi perizinan tinggal tetapnya di kantor imigrasi, dari data belum ada mahasiswa asal tawau kuliah di UB. Namun untuk penerimaan pada tahun ini belum mengetahui apakah ada calon mahasiswa dari luar negeri yang ikut masuk tes di UB,” tuntas Patria. (ctr/nur)