Wajib bisa membaca Al Qur’an, syarat masuk di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan

0
1297
Calon siswa yang mendaftar di MAN Tarakan (run)
Calon siswa yang mendaftar di MAN Tarakan (run)
Calon siswa yang mendaftar di MAN Tarakan (run)

MBNews, Tarakan – Salah satu persyaratan untuk dapat bersekolah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tarakan, calon siswa wajib bisa membaca Al Qur’an. Walaupun adanya syarat tersebut tidak mengurangi minat orang tua untuk memasukan anaknya. Justru pada saat Penerimaan Peserta Didik Baru(PPDB) yang dilaksanakan pada Senin (30/06/2014), peserta PPDB melebihi kouta penerimaan yang dibuka oleh Pihak MAN Tarakan.

Ketua PPDB MAN Tarakan Sri Wahyuniati mengatakan, persyaratan membaca Al quran tidak bisa ditawar oleh calon siswa, jika ada siswa yang tidak bisa membaca Al Quran maka panitia tidak memberikan formulir pendaftaran siswa baru.

“Tes utama membaca Al Qur’an, ditambah dengan melihat Nilai UN, serta Jurnal . Namun jika tidak bisa membaca Al Qur’an maka otomatis tidak diterima di MAN.”kata Sri Wahyuniati.

Syarat membaca Al Qur’an tersebut berhubungan dengan mata pelajaran yang nantinya dipelajari, sehingga jika calon pelajar gagal dalam tes membaca Al Qur’an dikhawatirkan akan kesulitan dalam memahami pelajaran fiqih, bahasa arab, al qur’an dan hadist.

“Belajar dari pengalaman lalu, MAN Tarakan tidak menerapkan tes baca Al Qur’an, Alhasil banyak siswa yang kesulitan memahami beberapa mata pelajaran seperti bahasa arab, fiqih hingga memahami Al Qur’an dan Hadist.” Jelasnya.

Adapun kuota penerimaan siswa baru oleh MAN Tarakan sebanyak 110 siswa atau dengan ketersediaan ruang belajar 4 kelas, sementara calon siswa yang mendaftar mencapai 300 orang lebih. (RUN/HFA)