Home Hukum Kriminal TNI Amankan 2 Orang Pembuat Senpi Rakitan

TNI Amankan 2 Orang Pembuat Senpi Rakitan

0
463
Senpi yang diamankan petugas (hfa)
Dandim Letkol Irfan Siddiq beserta barang bukti senpi rakitan dan pelaku (hfa)
Dandim Letkol Irfan Siddiq beserta barang bukti senpi rakitan dan pelaku (hfa)

MBNews, Tarakan – Aparat gabungan TNI di Tarakan berhasil mengamankan 2 orang pelaku pembuat senjata api rakitan, kedua pelaku tersebut berinisial ED dan SY yang tinggal di jembatan bongkok kelurahan Karanganyar Pantai. Menurut Komandan Kodim 0907 Tarakan Letnan Kolonel (Letkol) Irfan Siddiq, penangkapan yang dilakukan berdasarkan hasil penyelidikan petugas TNI di lapangan.

“Keduanya ditangkap berdasarkan hasil penyelidikan petugas termasuk dari anggota Komando Resort Militer (Korem) 091 ASN yang menerjunkan tim di lapangan,” Kata Irfan Siddiq Rabu (4/3/2015) di markas kodim Tarakan.

Untuk kronologisnya awalnya petugas menangkap 1 orang tersangka yakni ED yang diduga merakit senjata dan dijual kepada orang lain pada hari minggu (1/3/2015) lalu. Kemudian setelah melakukan pengembangan, petugas berhasil mengamankan 1 lagi yang diduga rekan dari yakni SY keesokan harinya atau Senin (2/3/2015).

“Dari tangan tersangka petugas menyita 5 senjata rakitan jenis revolver dengan sejumlah amununisi standard, sebuah golok, sebuah samurai, bongkahan tembaga yang digunakan pelaku untuk membuat amunisi dan 1 buah telepon seluler,” Ungkap Irfan Siddiq

Dikhawatirkan senjata-senjata yang dibuat oleh pelaku akan digunakan untuk perbuatan kejahatan dan membahayakan banyak masyarakat, terutama perampokan dan pemerasan. “Bisa saja kemungkinan tersebut terjadi, sehingga secepatnya kita bekuk,” Kata Irfan Siddiq

Selanjutnya Kodim akan melakukan penyerahan kedua tersangka dan barang bukti kepada kepolisian karena proses penyidikan selanjutnya dilakukan di pihak polri sebelum diserahkan ke kejaksaan untuk disidangkan. (hfa)